Tips Simpan Buah Dan Sayuran Tanpa Kulkas

Tips simpan buah dan sayuran tanpa kulkas-Kurang lengkap rasanya jika menu makanan tanpa sayur. Sayuran banyak disukai karena kaya akan manfaat dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.Selain itu, sayuran memiliki banyak varian atau jenis sehingga kita tidak bosan meskipun mengkonsumsi sayur setiap hari, karena kita bisa memilih dan berganti jenis sayuran yang kita sukai.

Baca juga: Cemilan rendah kalori untuk diet sehat

Buah dan sayuran merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh. Tapi kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayuran tentunya bergantung pada kualitas dan kondisi buah dan sayuran tersebut. Seringkali buah dan sayuran yang kita beli mudah sekali layu dan warnanya berubah menjadi tidak segar.

Tips Simpan Buah Dan Sayuran Tanpa Kulkas

Perubahan yang tadinya segar menjadi layu ini disebabkan oleh adanya enzim di dalam buah dan sayuran. Salah satu cara untuk menekan enzim tersebut adalah dengan proses pendinginan, sehingga kulkas atau lemari pendingin menjadi salah satu solusi favorit untuk menyimpan buah-buahan dan sayur-mayur.

Tetapi bagaimana jika kita tidak memiliki kulkas untuk menyimpan buah dan sayur? Apakah buah dan sayuran yang kita beli akan cepat layu? Nah, berikut ini tips simpan buah dan sayuran tanpa kulkas. Yuk simak!

Tips Simpan Buah Dan Sayuran Tanpa Kulkas

Berikut ini tips simpan buah dan sayuran yang dapat anda lakukan:

    1. Mencuci Sampai Bersih

Ketika sayuran hijau tersebut dipilih, Usahakan hanya tersisa sayuran segar saja. Maka cara selanjutnya, bersihkanlah dengan menggunakan air mengalir sampai tidak ada satu pun kotoran menempel di dalamnya.

Bila anda berkenan untuk membersihkannya ke dalam wadah pencucian, namun ketika air yang dibuat mencucinya sudah kotor, Sebaiknya gantikanlah dengan air bersih. Lalu cuci kembali hingga sampai tidak ada kotoran atau debu yang terselip di dalamnya.

    2. Simpan Di tempat Yang Kering

Suhu yang lembab sebenarnya bisa mempercepat penyebaran jamur pada sayuran. Untuk menghindarinya, kamu bisa membungkus sayuran dengan kertas ataupun tisu yang tebal untuk mengurangi kelembababan pada sayuran tersebut.

    3. Periksa Sayuran Secara Berkala

Pastikan secara berkala apakah kondisi sayuran masih segar, hijau, atau malah sebaliknya.
Namun jika kondisi sayuran mulai rusak atau membusuk, langsung saja segera memisahkannya dan membuangnya.

Begitu pula sebaliknya, untuk sayur masih segar anda bisa menyimpan kembali di kulkas.
Sedangkan bilamana anda menyimpan sayuran tanpa menggunakan kulkas, maka cukup setiap hari buka plastik, setelah itu bersihkan jika terdapat air mengendap di dalamnya.

    4. Simpan Pada Wadah Yang Kedap Udara

Sayuran disimpan pada wadah kedap udara misalnya kantong plastik. Kantong plastik sedikit dilubangi supaya tetap bisa bernafas, kemudian simpan di dalam kulkas. Cara ini akan membuat sayuran selalu segar dan tidak menimbulkan bau pada kulkas.

    5. Rendam Buah Dalam Air Garam

Buah-buahan yang telah di potong mengalami perubahan warna bentuk dan rasa jika tidak segera dikomsumsi. Lalu bagaimana jika kita ingin mengonsumsi buah potong itu nanti? Untuk mengatasinya kamu bisa merendam buah potong dalam air garam untuk menjaganya tetap segar. Jika tidak menyukai cara ini, kamu juga bisa merendam buah potong dalam larutan air lemon atau air madu.

Baca juga: Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!