Cara Penting Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Cara penting menjaga kesehatan dimusim pancaroba-Cuaca yang sering beruba-ubah saat ini membuat Anda sekeluarga lebih rentan terkena penyakit. Perubahan cuaca makin tidak bisa ditebak. Disaat seperti ini anda harus aktif mencari cara menjaga kesehatamn tubuh sekeluarga agar tidak jatuh sakit di musim yang semakin tidak bisa diprediksi sperti sekarang ini.

Pada musim ini , tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan kondisi udara dan temperatur yang berubah-ubah. Tak hanya itu, dimusim seperti ini juga menjadi waktu yang disukai virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan cepat. Maka tak heran, bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah akan mudah terkena berbagai macam penyakit, terutama untuk bayi dan balita yang sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna.

Cara Penting Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Cara Penting Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit yang datang menyerang saat musim pencaroba, berikut cara penting menjaga kesehatan di musim pancaroba, sebagai berikut:

    1. Istirahat Yang Cukup

Tubuh butuh istirahat agar fisik kuat kembali untuk menjalani aktivitas yang padat. Usahakan tidur cukup selama 6-8 jam per hari. Kurangnya istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga gampang diserang penyakit.

Suatu kebiasan buruk yang dilakukan banyak orang adalah begadang. Lembur, mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah, kadang dilakukan pada malam hari. Namun, apakah hal itu baik untuk dilakukan? begadang akan membuat kondisi tubuh Anda lemah keesokan harinya.

    2. Rutin Berolahraga

 

Ajak teman, sahabat atau orang tersayang untuk berolahraga meskipun hanya 30 menit setiap harinya. Anda tidak perlu berolahraga berat untuk menjaga kesehatan dannn kebugaran. Yang penting, Anda cukup bergerak setiap harinya sehingga badan tidak kaku dan mudah letih. Lakukanlah kebiasaan ini paling tiga kali dalam seminggu. Anda bisa memulai kebiasan baik ini dengan melakukan stretching di pagi hari, atau tidak di sore hari.

    3. Mencuci Tangan

Adakan kebiasan mencuci tangan dirumah anda, sebelum atau sesudah makan , selesai main dan lainnya. Kesehatan ibu dan anak sama pentingnya. Anda harus mengajak si kecil untuk belajar menghidarkan diri dari serangan penyakit dengan rajin cuci tangan. Sebab kuman dan bakteri masih bisa menempel di tangan yang basah, makanya cucilah tangan anda dengan bersih. Lakukan seperti gambar

    4. Banyak Komsumsi Air Putih

Penuhi kebutuhan air putih harian sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan l2 liter air. Air putih yang cukup membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, air putih juga berfungdi untuk melancarkan pencernaan anda. Ajak keluarga untuk mengkomsumsi banyak air putih di cuaca yang tidak menentu ini. Air putih juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, serta mencegah tubuh terkena infeksi. Biasakan membawa tempat menyimpan air saat ingin bepergian keluar agar kebutuhan air terpenuhi.

    5. Mengkomsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan memakan makanan sehat. Banyak nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh, didapatkan dari makanan. Anda tentu tahu 4 sehat 5 sempurna, bukan? Sebagai ibu cerdas, tentu Anda tahu bahwa slah satu cara mencegah kesehatan tubuh adalah dengan memastikan makanan yang dimakan keluaraga Anda adalah makanan terbaik dan terhindar dari bahan-bahan kimia.

    6. Rutin Bersihkan Rumah

Perabotan rumah dapat menuimpan banyak debu, bakteri dan kuman yang bisa membuat Anda dan keluarga menjadi lebih mudah sakit di musim pancaroba. Oleh karenanya, jangan lupa untuk selalu membersihkan rumah, karpet, lantai dan di perabotan.

Demikian artikel ini dibuat semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga dapat di aplikasikan sendiri.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!