Tips Mengatur Keuangan Setelah Nikah

Tips mengatur keuangan setelah nikah-Memulai rumah tangga yang baru, pasangan tentu akan memiliki sejumlah kebiasaan di dalam keluarga kecil tersebut, bahkan dalam masalah keuangan sekalipun. Saat belum menikah, Anda mungkin tidak terlalu terbuka kepada pasangan terkait keuangan, namun hal ini tidak bisa dilanjutkan setelah memutuskan untuk berumah tangga, sebab transparan mengenai kondisi keuangan yang sebenarnya sangat diperlukan.

Sangat penting untuk mengawali hal ini dengan baik dan tepat, sehingga ke depannya Anda dan pasangan memiliki tujuan dan juga pengaturan keuangan yang jelas. Jangan sampai Anda dan pasangan membiasakan diri untuk memisahkan dan menggunakan uang masing-masing, di mana kondisi keuangan sebelum dan sesudah menikah hampir tidak berubah.

Cara Agar Dapat Mengatur Keuangan Bagi Pengantin Baru

Sebelum memutuskan untuk menikah kamu tentu harus mempersiapkan banyak hal, mulai dari persiapan jasmani, rohani, sampai dengan finansial. Memiliki perencanaan keuangan yang matang penting agar rumah tangga bisa berljalan lancar. Nah, mengingat uang adalah isu yang sensitif, kamu dan pasangan perlu merencanakan yang satu ini secara khusus.

Tips Mengatur Keuangan Setelah Nikah

Mengatur keuangan setelah nikah bisa dilakukakan dengan  keluarga yang baik juga membantu kamu untuk mengatur rencana jangka pendek dan panjang. Ini termasuk kapan kalian berencana membeli rumah, memiliki anak, merencakan tabungan demi kebutuhan buah hati, sampai dengan simpanan hari tua. Artikel ini akan membahas tips agar dapat mengatur keuangan bagi pengantin baru, Berikut penjelasannya:

    1. Menyisihkan Pendapat Untuk Tabungan Masa Depan

Di awal pernikahan mungkin gajimu dan pasangan tidaklah terlalu besar sehingga jika masih harus menyisihkan untuk tabungan rasanya masih berat.Agar dapat mengatur keuangan setelah nikah

Tapi satu yang perlu kamu ingat jika tidak dibiasakan sejak awal sebesar apapun gaji kalian nantinya tetap saja menabung sulit dilakukan. Jadi meskipun hanya sedikit usahakan untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk ditabung.

Tabungan yang dikumpulkan bisa digunakan untuk berbagai kepentingan seperti: biaya sekolah anak, investasi, sampai dengan pengeluaran tak terduga seperti sakit atau saat tertimpa musibah.

    2. Buat Anggaran Pengeluaran

Mungkin anda sudah pernah membuat anggaran pengeluaran. Namun kemungkinan besar anggaran tersebut dibuat oleh anda sendiri. Karena kini anda sudah memiliki pasangan, sebaiknya kini menyusun anggaran bersama-sama dengan pasangan anda.

Hal ini sangat penting untuk menyamakan persepsi penggunaan uang dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.Mungkin ada perbedaan pendapat dalam menyusun keuangan. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menolak penyusunan anggaran secara bersama-sama.Justru perbedaan ini sangat penting untuk saling melengkapi visi dan misi antara suami dan istri.

    3. Buat Buku Rekening Bersama

Seringkali pasangan masih memiliki pola pikir “uangku adalah milikku”. Namun sebenarnya pembuatan rekening bersama merupakan hal yang wajib setidaknya untuk dipikirkan bersama. Padahal kunci mengelola rekening bersama sangatlah sederhana.

Dalam pengelolaan rekening bersama, pastikan dana dalam rekening bersama tersebut memiliki tujuan penggunaan yang jelas. Semisal untuk kebutuhan rumah tangga, atau untuk kebutuhan anak. Jangan biarkan dana yang ada di rekening ini bercampur-campur dengan dana lainnya.

   4. Tentukan Gaji Siapa Untuk Membeli Kebutuhan

Jumlah pengeluaran yang dimiliki membutuhkan sumber uang untuk membiayainya. Jika hanya ada satu orang yang bekerja tentunya tugas selanjutnya adalah membagi uang yang dimiliki sesuai dengan nominal pengeluaran yang telah disepakati.

Tapi bila kalian sama-sama bekerja tentukan terlebih dahulu gaji siapa yang akan digunakan untuk membiayai pengeluaran apa. Meskipun pada akhirnya ada satu orang yang akan mengatur keuangan tapi bicarakan terlebih dahulu tentang hal tersebut.

 

Baca juga: cara memikat perhatian lawan jenis.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!