Tips Mengatasi Insomnia Akut Pada Remaja

Tips Mengatasi Insomnia Akut Pada Remaja

Tips mengatasi insomnia akut pada remaja-Anda kurang tidur, atau anda kesulitan saat tidur? Bagaimana kulitas tidur anda tadi malam apakah anda bisa tidur nyenyak. Susah tidur atauyang biasa disebut dengan insomnia adalah salah satu jenis-jenis gangguan tidur yang dialami seseorang dimana ketika kita bangun diikuti oleh gangguan fungsional.

Baca juga:Cara mengatasi insomnia paling ampuh tanpa obat

Insomnia saat ini sudah banyak sekali menyerang orang-orang dewasa. Namun tidak hanya orang dewasa yang mengalaminya, usia remaja pu terserang penyakit susah tidur ini. Namun bagi anda yang tidak tahu cara mengatasi insomnia yang benar ada dapat menyimak penjelasan dibawah ini mengenai Tips mengatasi insomnia akut pada remaja.

Insomnia bukanlah suatu penyakit, namun merupakan kumpulan tanda-tanda yang punyai beraneka penyebab, layaknya kelainan emosional, kelainan fisik yang penggunaan obat-obatan. Jenis insomnia menurut terjadinya terbagi jadi dua. Yaitu macam insomnia yang disebut dengan insomnia akut dan insomnia kronis.

Tips Mengatasi Insomnia Akut Pada Remaja

Berikut adalah tips mengatasi insomnia akut pada remaja yang dapat anda simak.

     1. Mengatur Waktu Tidur

Waktu tidur sangat penting bagi siapapun untuk mendapatkan jantung yang sehat, kulit sehat serta hal lainnya. Maka dari itu, cobalah membuat si remaja tersebut memiliki waktu yang sangat baik dalam menjalankan aktivitasnya.

Jangan hanya karena banyak aktivitas dapat lebih cepat tidur, namun lelah yang terjadi akan membuatnya bertambah sulit tidur. Maka sebagikanya disiplinkan waktu istirahatnya dengan benar. Jangan terlalu berlebihan dalam memanfaatkan waktu dan usahakan tidur dengan kedaan gelap serta tenang agar tidak terganggu

     2. Mengubah Gaya Hidup

Salah satu cara mengatasi insomnia yang satu ini dapat Anda lakukan dengan berhenti merokok, karena kandungan nikotin yang terdapat pada rokok, diyakini mampu memicu kesulitan tidur. Selain itu mengubah pola tidur dengan konstan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membentuk kebiasaan bagi tubuh sehingga mampu mempengaruhi insomnia yang Anda miliki.

Beberapa pengaturan paparan cahaya saat tidur, tidak menggunakan kamar tidur untuk aktivitas yang memaksa otak untuk bekerja, membiasakan diri tidur saat merasa lelah serta menghindari tidur siang yang terlalu lama juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

      3. Terlalu Banyak Minum Kopi

Anda pecinta kopi ? Banyak orang yang keliru berfikir bahwa stimulan tidak memiliki pengaruh apapun bagi mereka. Sebenarnya, kafein memiliki paruh usia hingga 8-10 jam (artiya setengah porsi kafein dari segelas kopi terkhir anda masih tertinggal dalam sistem tubuh anda dalam 8-10 jam setelahnya), sehingga minum terlalu banyak kopi di penghujung hari mungkin secara tidak sengaja menghambat tidur anda.

    4. Jangan Terlalu Kenyang Dan Lapar

Perut lapar akan membuat pikiran tidak tenang dan sulit tidur, begitu juga jika terlalu kenyang. Perut yang terlalu penuh akan menyulitkan diri untuk bernapas. Jadi jangan makan terlalu banyak atau terlalu kenyang sebelum tidur. Batas terakhir makan paling tidak 3 jam sebelum tidur.

    5. Matikan Lampu Saat tidur

Selalu matikan lampu kamar. Menjaga ruang kamar tidur gelap dan sunyi akan memberikan suasana nyaman yang memunculkan rasa kantuk. Bersiap tidur lebih awal untuk mmebiasakan diri.

Baca juga: Manfaat Daun Alpukat Baik Bagi Kesehatan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!