Tips Jaga Kesehatan Telinga, Yang Harus Anda Lakukan

Tips jaga kesehatan telinga, dengan efektif-Apakah Anda suka mendengarkan musik dengan volume tinggi? Aksi tersebut ternyata bisa membahayakan pendengaran Anda.

Ingat untuk merawat telinga Anda sebelum terlambat. Membersihkan telinga tidak boleh asal-asalan. Pasalnya, telinga adalah salah satu organ yang sangat penting dan sensitif.

Itu sebabnya, Anda harus berhati-hati ketika membersihkan telinga. Lantas, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar dan aman? Simak panduannya dalam artikel ini.

Tips Jaga Kesehatan Telinga, Dengan Efektif

Tips Jaga Kesehatan Telinga, Dengan Efektif

Telinga memang berfungsi untuk mendengar. Akan tetapi, telinga mempunyai kapasitas kemampuan untuk mendengar suara. Jadi, tidak semua suara yang masuk ke dalam kategori aman untuk didengar telinga Anda.

Jika Anda sering terpapar suara keras hingga membuat telinga nyeri, maka hal tersebut lambat laun dapat mengurangi kemampuan mendengar.

Baca juga: cara aman bermain ponsel agar tak ganggu mata

Sumber suara keras ini bisa bermacam-macam, misal dari lingkungan kerja Anda, dari musik yang Anda dengarkan, dan lain sebagainya.Berikut tips menjaga kesehatan telinga, dengan efektif:

     1. Gunakan Tetes Telinga

Tips jaga kesehatan telinga yang pertama dengan obat tetes telinga memudahkan earwax untuk keluar dengan sendirinya. Meski begitu, cara pakainya bukan hanya sekadar diteteskan. Agar obat bekerja efektif mempercepat kesembuhan Anda, penting untuk memastikan cairan obat benar-benar masuk hingga ke dalam saluran telinga.

Beberapa jenis tetes telinga di antaranya hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat. Biasanya obat ini banyak dijual bebas di apotek atau toko obat.

Pastikan Anda selalu membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan memiliki riwayat kelainan pada telinga, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

    2. Bersihkan Telinga Dengan Minyak Zaitun

Penumpukan earwax dapat terjadi karena bagian dalam telinga yang terlalu kering. Jika masalah ini Anda alami, Anda dapat melembapkan bagian dalam telinga dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil. Cukup dengan meneteskan beberapa tetes minyak ke telinga yang bermasalah dan tunggu kira-kira lima menit.

Penggunaan minyak zaitun jarang menyebabkan alergi atau iritasi, tetapi membutuhkan waktu lama untuk earwax yang mengeras menjadi lunak lalu keluar dengan sendirinya. Anda mungkin harus mengulangi perawatan ini beberapa kali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    3. Turunkan Volume Suara

Selanjutnya tips jaga kesehatan telinga yaitu jika Anda suka mendengarkan musik, pastikan Anda mengatur volume pemutar musik Anda tidak terlalu keras dan seminimal mungkin. Agar telinga anda tidak ada masalah.

Untuk memastikan apakah volume pemutar musik Anda berada dalam kisaran normal atau tidak, Anda bisa mengiranya sendiri.

Sementara bila Anda mendengarkan musik melalui headphone dan suaranya terdengar oleh orang di dekat Anda atau Anda sampai tidak dapat mendengar suara lain, artinya volume musik Anda terlalu keras. dan Anda harus menurunkannya.

    4. Jaga Telinga Agar Tetap Kering

Kelembapan membuat bakteri masuk ke dalam saluran telinga dengan lebih mudah. Untuk menghindari infeksi, ingat untuk mengeringkan telinga dengan hati-hati menggunakan handuk kering setelah mandi atau berenang.

    5. Gunakan Pelindung Telinga

Jika lingkungan kerja Anda selalu menciptakan suara keras, seperti saat saat memotong rumput, menggunakan alat-alat listrik yang mengeluarkan suara, dan sebagainya, sebaiknya Anda menggunakan pelindung telinga.

Sementara bila Anda suka menonton konser, ke bioskop, atau pergi ke tempat yang memutar musik dengan suara keras, sebaiknya menggunakan penyumbat telinga.

Hal ini dilakukan untuk meredam efek suara yang bervolume tinggi tersebut.

    6. Lakukan Pemeriksaan Telinga Secara Rutin

Secara umum, periksakan telinga Anda ke dokter THT secara rutin setidaknya sebulan sekali atau sesuai dengan instruksi dokter. Pemeriksaan ke dokter penting untuk dilakukan, terlebih lagi saat usia Anda mulai menua.

Pasalnya, gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, sehingga Anda perlu memastikan kondisi telinga Anda dalam keadaan sehat setiap waktu. Anda perlu untuk melakukan tes awal pendengaran sehingga Anda dapat mengukur dan mengambil tindakan setiap ada gangguan pendengaran yang Anda rasakan.

 

Demikian artikel ini di buat semoga bermanfaat, jagalah kesehatan telinga anda sebelum terlambat.

Baca juga: pekerjaan baru milenial yang hanya ada di era ini guys

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!