Tips Atur Gaji Bulanan Biar Tidak Cepat Habis

Tips Atur Gaji Bulanan Biar Tidak Cepat Habis

Tips atur gaji bulanan biar tidak cepat habis-Sekarang ini masih banyak orang yang masih mengeluh menyoal jumlah gaji yang diterima setiap bulannya terbilang kecil. Bahkan, hampir semua berpendapat bahwa mereka sangat menginginkan pekerjaan yang bisa memberikan gaji yang lebih besar dengan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

Baca juga: cara sederhana menghemat uang dilingkungan keluarga

Mereka beralasan dengan gaji kecilnya itu tidak bisa mencukupi banyaknya keperluan atau kebutuhan yang harus dipenuhi. Sebenarnya, gaji yang kecil pun bisa saja cukup untuk memenuhi semua kebutuhan selama sebulan. Asalkan, orang tersebut menerapkan pengelolaan keuangan yang telah direncanakan sejak awal, sehingga gaji bisa digunakan dengan bijak.

Agar gaji bulanan Anda terasa cukup, maka mulailah atur kembali dalam mengelola keuangan dengan baik. Biar tidak ragu harus memulainya dari mana, berikut ini terdapat cara mudah yang bisa diterapkan pada kehidupan Anda menyoal mengatur gaji bulanan yang jumlahnya kecil.

Tips Atur Gaji Bulanan Biar Tidak Cepat Habis

Berikut tips atur gaji bulanan biar tidak cepat habis dapat Anda lakukan sendiri:

    1. Buat Catatan Pengeluaran

Tips atur gaji bulanan saat malam hari sebelum tidur, lihatlah catatan tersebut dan cek kembali semua uang yang dikeluarkan untuk apa saja. Biasanya, ketika melakukan ini sering terjadi penyesalan saat melihat catatan tersebut karena tiba-tiba tersadar bahwa ada beberapa barang yang seharusnya tidak perlu dibeli.

Ini akan membuat Anda bisa terbiasa untuk tidak mengeluarkan uang dengan mudah hanya untuk sekedar membeli barang keinginan saja, sehingga keuangan bisa dikontrol dengan baik.

Mencatat pengeluaran harian juga bisa dilakukan untuk melihat cerminan pengeluaran Anda dalam sehari. Setelah itu, jumlahkan seluruh pengeluaran yang ada di catatan untuk mengetahui biaya yang digunakan dalam sebulan digunakan untuk apa saja. Anda bisa menggunakan buku kecil khusus atau note pada smartphone sebagai catatan pengeluaran keuangan.

    2. Sisihkan Gaji Untuk Di Tabung

Penting untuk menabung, meskipun uang yang ditabung jumlahnya tidak besar, tetap saja paling tidak ada tabungan yang dimiliki.

Untuk mempermudah Anda dalam menabung, Anda dapat menyisihkan gaji di awal untuk ditabung. Bukan sisa dari uang kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda menyisihkannya dari sisa-sisa uang kebutuhan sehari-hari, percayalah Anda tidak akan mempunyai uang untuk ditabung sama sekali.

    4. Tetapkan Prioritas Kebutuhan

Yang bisa Anda lakukan yakni tetapkan prioritas kebutuhan, Anda bisa membuat daftar kebutuhan secara urut mulai dari yang paling diprioritaskan. Dengan begitu, akan terlihat nantinya berapa banyak jumlah kebutuhan yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, biasanya pada saat gajian ingin langsung makan enak. Sebaiknya sekarang Anda tahan dulu keinginan itu, Anda tetap bisa makan enak tanpa harus bayar mahal kan. Hal ini juga akan menghemat pengeluaran bulanan.

    5. Membawa Uang Secukupnya

Dengan membawa uang secukupnya akan membuat Anda berpikir ulang ketika ingin membeli berbagai macam barang.Bawa uang secukupnya, kemudian Anda bisa mengisinya lagi ketika benar-benar uangmu sudah habis di dalam dompet.

Cara ini cukup ampuh dilakukan, terlebih lagi untuk Anda yang malas bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang cash. Yang ada malah uang Anda utuh dan tidak lagi boros.

   6. Hidup Hemat

Selain pentingnya cara kelola gaji bulanan, Anda juga harus menerapkan gaya hidup hemat. Karena jika Anda sudah mengelola gaji dengan baik, tetapi Anda masih boros semua tentu akan percuma.

Anda harus menekan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu Anda perlukan. Juga, Anda harus mengurangi jadwal nongkrong atau hangout dengan teman.

Anda juga harus bijak dalam menggunakan gaji bulanan, dahulukan yang menjadi prioritas. Jangan gampang tegoda dengan tawaran diskon yang ada.

 

Sekian artikel ini saya buat, semoga bermafaat dan membantu Anda bijak dalam menggunakan gaji bulanan!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!