Tips Cerdas Memilih Makanan Pelancar Asi

Tips Cerdas Memilih Makanan Pelancar Asi

Tips cerdas memilih makanan pelancar asi-Ibu saat ini mengeluh saat melahirkan bayinya. Dan tidak bisa untuk memberikan asi kepada buah hari, karena Asi nya tidak ingin keluar atau lancar. Asi adalah susu yang di produksi oleh manusia untuk di komsumsi bayi yang baru lahir atau belum dapat mencerna makanan padat. Asi di produksi karena pengaruh hormon. Jika hormon anda baik maka Asi akan lancar. Asi yang pertama keluar disebut kolostrum atau jolong.

Ini yang menyebabkan ibu bayi menjadi khawatir jika produksi asinnya tidak lancar bahkan tidak mau keluar. Namun jangan khawatir dengan kondisi seperti ini. Karena banyak sekali cara untuk memperlancar Asi mulai dari pemilihan makanan yang tepat atau dengan memompa Asi dengan alat pompa atau cara yang lainnya. Anda dapat melakukan dengan memakan makanan yang berguna untuk melancarkan Asi.

Tips Cerdas Memilih Makanan Pelancar Asi

Untuk makanan pelancar Asi banyak sekali macamnya. Dari mulai berbagai sayuran, buah-buahan dan yang lainnya. Meskipun Anda mengerti dengan beberapa macam makan penambah Asi. Apakah Anda dapat memilih makanan pelancar Asi itu dengan tepat? Jika Anda tidak yakin. Cobalah konsumsi beberapa makanan yang sudah dipercaya bisa melancarkan ASI, agar ASI lancar dan deras. Pilih yang menurut Anda paling cocok dan disukai. Kemudian olah sesuai selera.

     1. Mengkomsumsi Daun Katuk

Mungkin Anda akan sering melihat jenis sayuran yang satu ini. Daun katuk, merupakan salah satu sayuran yang bisa Anda pilih sebagai makanan penambah Asi. Hal ini dikarenakan pada daun katuk memiliki kandungan yang mampu memperlancar Asi.

Banyaknya vitamin yang dimiliki oleh daun katuk ini dapat membuat kualitas Asi semakin lebih baik lagi. Padahal tak hanya itu dengan mengkonsumsi daun katuk secara rutin produksi Asi akan dapat mencukupi kebutuhan si bayi. Bahkan, Asi yang Anda produksi nantinya akan sangat berlebih dan berkualitas tentunya.

    2. Bunga Pepaya

Bunga yang berwarna kuning pucat ini juga mengandung kalsium dan fosfor.
Baik untuk mempercepat proses pencernaan protein karena adanya enzim papain, yang tidak hanya terdapat di bagian bunga, tapi juga di buah dan daunnya.

Enzim itu berguna untuk memecah protein yang Anda makan, apalagi saat menyusui dibutuhkan protein sekitar dua kali lipat dibanding kebutuhan normal. Bunga papaya juga bisa merangsang nafsu makan.

     3. Labu Siam

Tips cerdas berikut ini adalah memilih makanan pelancar asi adalah labu siam. Labu siam dapat membantu mencukupi kebutuhan asam folat ibu yang sedang menyusui karena ketika memberi susu, membutuhkan asal folat yang cukup bannyak. Lanbu siam juga mampu membantu pertumbuhan sel dan juga perkembangan tubuh sang buah hati.

    4. Kacang Hijau

Kandungan zat besi pada kacang hijau baik untuk tumbuh kembang bayi dan mencegah bayi terkena anemia. Selain itu kacang hijau juga dapat menstimulus hormon oksitosin, Seperti kita ketahui jika mood yang baik pada ibu menyusui akan memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI.

    5. Bayam Merah/Hijau

Baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh bayi agar kuat. Ini didapat dari vitamin B6. saat menyusui, kebutuhan vitamin B6 Anda satu kali lebih tinggi dibanding wanita yang tidak menyusui atau hamil. Jadi, konsumsi bayam lebih banyak dari biasanya akan menambah kandungan vitamin B6 dalam ASI.

Bayam rendah kaloi, sama sekali tidak mengandung lemak, tapi kaya nutrisi. Pilih bayam yang warna pekat, hijau atau merah. Kepekatan warna, salah satu ciri kandungan karoten yang lebih banyak, bermanfaat untuk melawan radikal bebas.
Enaknya disayur bening, menu sederhana kesukaan semua orang. Buat dalam porsi sekali makan karena sayur bayam tidak boleh dipanasi ulang.

Baca juga: Resep makanan bayi 9 bulan, agar cepat gemuk

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!