Tips Buat Waffle Tanpa Gagal Di Rumah

Tips Buat Wafel Tanpa Gagal Di RumahTips buat waffle tanpa gagal dirumah-Sejalan dengan perkembangan jaman dan era modernisasi. Yang menyeluruh ke semua bagian terutama kuliner, kita temukan adanya banyak macam jenis masakan Eropa yang masuk ke tanah air.

Baca juga: Cemilan enak yang akan membuat anda semakin gendut

Tidak hanya dengan mudah bisa kita temukan di rumah makan atau hotel terkenal. Berbagai jenis kuliner tersebut bahkan sudah sangat populer di kalangan warga Indoensia. Salah satu resep yang cukup terkenal dan diterima dengan baik oleh lidah kita adalah waffle.

Wafel adalah salah satu kue yang mudah membuatnya dan tidak perlu bahan mahal. Kue yang lembut dan praktis ini bisa menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur Anda. Mari praktikkan resep wafel yang empuk dan enak ini.

Tips Buat Waffle Tanpa Gagal Di Rumah

Ada berbagai macam tips buat waffle di rumah dan variasi recipe waffle yang kita kenal ternyata juga sangat populer di Belgia, misalnya resep blue waffle, vans waffle, waffle pandan, waffle nCC dan yang lainnya. Selain resep diatas kita juga sering mendengar tentang waffle A&W, waffle tango dan beberapa variasi kue waffle siap saji lainnya. Berikut tips buat waffle tanpa gagal di rumah, yang dapat anda coba sendiri. Sebelum anda membuat wafel terlebih dahulu anda mengetahui bahan-bahan yang di gunakan.

Bahan-bahan dalam membuat waffle

  • 1 3/4 gram tepung terigu
  • 1 sdm baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir kuning telur
  • 1 3/4 cangkir susu
  • 1/2 cangkir minyak goreng
  • 2 butir putih telur

    1. Perhatikan pemilihan bahan dan alat untuk membuat waffle

tips yang pertama untuk tips membuat waffle yang renyah di luar namun tetap lembut di bagian dalamnya, saya menyarankan anda untuk menggunakan tepung terigu berprotein rendah. Selain itu, dibanding menggunakan margarin atau mentega cair, saya lebih menyarankan anda menggunakan minyak goreng karena akan menciptakan tekstur renyah namun tetap lembut.

Jangan lupa juga gunakan bahan-bahan lainnya yang segar dan berkualitas, seperti telur contohnya. Pastikan juga semua alat harus kering dan benar-benar bersih agar adonan waffle bisa mengembang dengan sempurna.

    2. Perhatikan cara mencampur adonan waffle

Sebelum mencampur adonan waffle, ada baiknya anda mengayak bahan kering seperti terigu, garam, dan baking powder terlebih dahulu agar tidak menggumpal. Selanjutnya, campur minyak dan kuning telur di wadah terpisah, lalu masukkan tepung sedikit demi sedikit sampai berbentuk adonan kental seperti pasta. Terakhir, baru masukkan adonan hasil kocokan putih telur dan gula pasir ke dalam adonan pasta/kental tadi.

Proses pencampuran kocokan putih telur pun cukup diaduk sebentar saja, karena jika terlalu lama malah akan membuat tekstur waffle menjadi keras dan bantet.

    3. Panaskan cetakan waffle sebelum digunakan

Nah, poin ketiga ini adalah kesalahan yang biasanya paling sering dilakukan saat membuat waffle. Agar tekstur waffle bagus, pastikan anda memanaskan cetakannya terlebih dahulu. Saat cetakan waffle anda sudah panas, barulah anda mulai bisa menuangkan adonan. Hindari memanaskan cetakan waffle secara mendadak dan langsung menuang adonan, karena hal tersebut akan membuat waffle tidak mengembang

Baca juga: Aneka kreasi menu anti ribet dari telur

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!