Rekomendasi Nesting Buat Kamu Yang Hobi Camping

Rekomendasi nesting. Tren mendaki atau camping saat ini tengah di gandrungi saat ini, mulai dari yang muda sampai yang tua. Kegiatan yang satu ini sudah dijadikan hobi oleh kebanyakan orang.

Buat kamu yang menyukai kegiatan outdoor ini tentunya sudah akrab dengan alat satu ini. Ya tentu saja Nesting atau cooking set. Peralatan penting yang wajib kamu bawa saat akan camping, selain tenda tentunya.

Apa Sih Nesting Itu?

Bisa dibilang nesting itu sebagai salah satu peralatan masak yang banyak digunakan oleh mereka yang melakukan kegiatan outdoor seperti camping misalnya. Bahannya terbuat dari campuran alumunium.

Rekomendasi Nesting Buat Kamu Yang Hobi Camping

Namun tak sedikit mereka yang salah membawa cooking set satu ini saat akan melakukan kegiatan camping, apalagi mereka yang masih pemula khususnya. Hal seperti inilah yang buat kamu membutuhkan rekomendasi nesting saat akan melakukan camping.

Baca : Ingin Nyaman Dalam Perjalanan Mudik? Berikut Tipsnya

Berikut ini kamu akan diberikan rekomendasi nesting untuk memudahkan acara campingmu

 

1. Rekomendasi Nesting Sesuai Dengan Apa Yang Akan Kamu Masak

Saat camping atau mendaki tentunya kamu akan membutuhkan banyak tenaga. Disinilah Nesting berperan untuk kamu dalam menyiapkan makanan.

Dari bentuknya, kamu dapat menentukan tipe nesting seperti apa yang kamu perlukan.

a. Tipe Panci Dalam Untuk Masak Nasi atau Mie Instan

Rekomendasi Nesting Buat Kamu Yang Hobi Camping

Rekomendasi nesting.  Yang satu ini membantu kamu untuk memilih memiliki kamu tabung yang dalam. Ukurannya yang dalam serta tinggi tidak akan membuat air yang digunakan untuk memasak akan meluap saat mendidih.
Namun sayangnya, menggunakan pancin yang satu ini memakan waktu yang cukup lama karena membutuhkan waktu yang lama pula untuk menyebarkan panas.

b. Panci ceper untuk tumis atau goreng

Rekomendasi Nesting Buat Kamu Yang Hobi Camping

Memiliki model tabung yang lebar dengan bagian sisi yang rendah. Cocok digunakan untuk menumis dan menggoreng. Permukaannya yang lebar membuat panas tersebar dengan rata, pas untuk tumis dan menggoreng.

c. Panci kotak yang mudah untuk disimpan

Bentuk yang satu ini cukup ergonomis, kamu bisa menggunakannya untuk memasak mie instan, nasi, atau bahkan menggoreng. Tempat yang dibutuhkan untuk menyimpannya dalam ranselpun tidak terlalu besar dan meminimalisir celah.

d. Tipe wajan, Jika kamu ingin menggoreng.

Bentuknya sangat mirip dengan wajan, lengkap dengan pegangan wajan yang bisa dilipat. Tidak memakan tempat saat kamu akan menyimpannya didalam ransel. Ini berguna buat kamu yang suka menggoreng saat melakukan kegiatan outdoor.

e. Set Alat memasak yang lengkap

Yang satu ini mungkin cocok buat kamu yang sering camping rame-rame. Nesting yang satu ini terdiri dari kompor,beberapa jenis panci, penggorengan, teko, bahkan mug serta piring.
Ini berguna saat kamu harus memasak dalam jumlah yang banyak.

2. Pilih Ukuran Sesuai Jumlah Orang

Nesting biasanya memiliki ukuran tertentu yang akan optimal dengan jumlah porsi tertentu. Tentu nesting yang digunakan akan memiliki ukuran yang berbeda jika Anda mendaki gunung bersama rombongan kecil atau besar. Pilih dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah orang yang mendaki gunung atau camping bersamamu.

a. 500-900 ml untuk satu orang

Ukuran ini merupakan ukuran yang optimal untuk satu orang, kamu bisa memasak nasi, mie instan,ataupun air dengan ukuran panci ini. Panci inipun tidak akan membutuhkan waktu yang lama karena ukurannya yang kecil membuat masakan didalamnya cepat matang.

b. 1 Liter untuk 2 orang atau lebih

Jika kamu camping dengan satu orang atau lebih, maka yang kamu butuhkan ialah nesting yang berukuran 1 liter. Kamu bisa membawa set lengkap dengan beberapa kompor agar kegiatan masakmu dapat berjalan dengan cepat.

2. Pilih Sesuai Dengan Material Yang Tepat

Material pada nesting mempengaruhi sifat konduktivitas panas serta bobotnya. Ada 4 material umum yang sering digunakan pada nesting, yaitu stainless steel, aluminium, titanium dan silikon.

a. Stainless Steel

Nesting dengan bahan yang satu ini merupakan nesting yang tahan lama, kuat dan memiliki daya hantar panas yang baik. Masakan akan matang dalam waktu yang cepat karena panas tersebar dengan cepat dan merata. Bahan yang satu ini juga anti gores dan anti karat. Namun sayangnya, bahan yang satu ini tidak anti lengket dan bobotnyapun cukup berat.

b. Aluminium

Memiliki sifat konduktivitas yang bagus serta sangat ringan membuat masakan cepat matang sempurna. Namun kelemahan dengan nesting yang satu ini ialah mudah rusak, penyok dan tidak anti karat.

c. Titanium

Nesting dengan material yang satu ini merupakan salah satu yang terbaik karena tahan lama serta tidak mudah rusak. Selain itu bahan yang stau ini tahan karat, kuat, ringan, dan berkilau. Namun, sayangnya titanium biasanya mahal dan memiliki daya hantar panas yang rendah.

d. Silikon

Nesting dengan bahan yang satu ini cukup sulit untuk ditemukan dipasaran. Silikon bersifat fleksibel sehingga dapat kamu lipat. Ini memudahkan untuk melipatnya sehingga penyimpanannya dalam ransel cukup mudah. Bahan ini memang tahan panas, namun daya hantarnya tidak begitu bagus.Kamu agak kesulitan jika memasak dengan nesting yang satu ini.
Jika kamu menggunakan nesting, pastikan nesting yang kamu punya memiliki sertifikat food grade sehingga aman untuk makanan.

3. Pilih Bahan Dengan Lapisan Pelindung

Kebanyakan nesting berbahan dasar logam. Walaupun logam relatif bersifat kuat dan awet, biasanya nesting diberi lapisan untuk meningkatkan performa dan kualitasnya.

a. Anti lengket

Ada dua jenis lapisan anti lengket, yaitu lapisan keramik atau fluorine. Lapisan anti lengket pada nesting membantu melindungi permukaan nesting agar makanan yang dimasak tidak lengket. Patikan kamu tidak menggunakan sendok logam untuk mengaduk masakan pada nesting. Bahkan saat mencucinyapun kamu harus hati-hati agar lapisan anti lengketnyapun tidak tergores.

b. Lapisan hard anodized atau hard alumite untuk aluminium

Alumite dilakukan khusus untuk logam aluminium. Aluminium merupakan logam yang tebal namun memiliki pori-pori yang besar. Logam hard anodized ini bersifat anti air serta anti korosi, hal inilah yang membuat nesting , menjadi awet.

c. Lapisan TSA buat titanium

TSA atau thermal spray aluminium biasa digunakan untuk mencegah korosi pada logam. Tetapi pada nesting yang berbahan titanium, TSA di lakukan untuk membantu menghantarka panas karena titanium merupakan konduktor panas yang buruk.

d. Anti Licin

Apakah kamu pernah melihat nesting dengan alur-alur melingkar pada bagian bawah luar? Alur-alur itu berfungsi untuk membuat nesting menjadi anti licin. Dengan itu nesting menjadi lebih stabil saat digunakan diatas kompor atau pun saat ditaruh di manapun.

4. Pilih Yang Mudah Di Simpan

Saat akan mendaki atau melakukan camping tentu kamu tidak ingin kerepotan dengan membawa banyak barang bukan? Nesting dengan bentuk ergonomis yang dapat kamu susun secara bertumpuk akan sangat berguna buat kamu. Tidak akan memakan tempat didalam ransel, jika nesting kamu punya kantong penyimpanan atau kotaknya, tentunya akan lebih baik.

5. Fitur Lain Yang Berguna

a. Handle yang stabil

Nesting dengan tipe panci biasanya akan diberikan pegangan. Pastikan pegangannya atau gagang pegangannya bisa kamu lepas atau lipat. Hal ini akan mudah saat disimpan didalam tas ransel.

b. Tutup dengan Pegangan

Saat kamu akan memilih nesting, pastikan kamu perhatikan pula tutupnya. Pilihlah tutup dengan pegangan yang memudahkan kamu untuk mengangkatnya sambil memasak. Tutup panci dengan pegangan, kamu tidak perlu membawa kain cempal untuk menahan panas saat kamu akan memindahkannya dari atas kompor.

c. Lubang untuk menuang

Lubang untuk menuang pada nesting berguna untuk memudahkan kamu untuk menuang air saat memasak air dan menyiapkan minuman panas dengan cepat. Kamu tidak perlu lagi membawa teko.

d. Dengan Penanda Ukuran

Dengan penanda ukuran atau skala berguna saat akan memasak nasi, terutama bagi kamu pemasak pemula.

e. Tutup Dengan Penyaring

Mie Instan merupakan salah satu makanan wajib yang di bawa saat akan camping. Nesting dengan penyaring ini merupakan pasangan wajib bagi mie instan. Kamu tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan mie dari panci untuk memisahkan dengan airnya.

 

Itulah beberapa rekomendasi nesting yang mungkin bisa kamu jadikan referensi sebelum melakukan camping atau outdorr.

Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok Aktif

Bagaimana dengan rekomendasi nesting yang diberikan untukmu? Apakah sudah cukup membantu untuk mempersiapkan peralatan camping kamu?

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!