Rahasia Mengolah Bumbu & Rempah, Bikin Masakan

Rahasia Mengolah Bumbu & Rempah, Bikin Masakan

Rahasia mengolah bumbu & rempah, bikin masakan-Di indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah, termasuk bumbu dan rempah. Tidak cuma jenis dan bentuknya yang beragam, cara mengolahnya butuh cara yanb berbeda-beda. Dalam sejarah, karena rempah-rempah inilah, dahulu kala orang eropa datang menjajah indonesia. Sekarang, rempah-rempah khas indonesia ini sudah beredar di seluruh dunia.

kuliner khas indonesia memang terkenal menggunakan berbagai macam bumbu rempah-rempah yang menjadikan cita rasa dan aroma yang khas. Seperti rendang, ayam betutu, soto lamongan, sate madura yang menggunakan rempah-rempah dalam proses memasaknya.

Baca juga: Makanan penurun kolestrol dan asam urat

Minuman tradisional sehat berkhasihat ala indonesia

Rahasia Mengolah Bumbu & Rempah, Bikin Masakan

Berikut rahasia mengolah bumbu & rempah bikin masakan

    1. Kencur

Kencur adalah bumbu dapur yang masuk dalam suku temu – temuan (Zingberaceae).Kencur memiliki ciri berbentuk agak bulat lonjong, berukuran kecil, dengan warna kulit coklat keunguan. Saat dikupas atau diiris, maka akan tampak daging kencur yang berwarna putih.Kandungan minyak atsiri dan alkaloid membuat kencur memiliki aroma yang harum yang khas. Tidak banyak masakan yang menggunakan kencur sebagai bumbu, hanya beberapa saja contohnya olahan mangut dan sambel pecel.Kencur adalah bumbu dapur yang masuk dalam suku temu – temuan (Zingberaceae)

Rahasia mengolah bumbu & rempah yaitu Kencur memiliki ciri berbentuk agak bulat lonjong, berukuran kecil, dengan warna kulit coklat keunguan. Saat dikupas atau diiris, maka akan tampak daging kencur yang berwarna putih.

Kandungan minyak atsiri dan alkaloid membuat kencur memiliki aroma yang harum yang khas. Tidak banyak masakan yang menggunakan kencur sebagai bumbu, hanya beberapa saja contohnya olahan mangut dan sambel pecel.

    2. Kayu Manis

Jenis rempah yang berasal dari kulit kayu manis, memiliki aroma harum, manis, dan pedas dan merupakan salah satu bumbu tertua yang sudah digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno 5000 tahun yang lalu.

Kayu manis dapat dipakai dalam bentuk batang maupun bubuk. Pemakaian kayu manis cukup luas tidak hanya untuk masakan tetapi juga minuman dan aneka macam kue.

    3. Parut Kunyit Dan Kulit Jeruk

Gak cuma kelapa, beberapa rempah akan menghasilkan rasa dan aroma lebih sedap setelah diparut terlebih dahulu. Selain dibakar, kunyit juga bisa diparut sebelum dicampurkan dalam masakan.

Pala dalam bentuk utuh juga sebaiknya diparut terlebih dahulu untuk mengeluarkan aroma khasnya. Begitu juga dengan parutan kulit jeruk lemon yang biasanya dicampurkan dalam adonan krim dan kue.

   4. Dilarutkan Dengan Asam Jawa

Saat ini, asam jawa sudah banyak dijual dalam bentuk pasta. Sehingga lebih mudah digunakan untuk memasak. Namun, sebaiknya anda jangan langsung memasukkannya begitu saja ke dalam masakan. Karena justru akan membuat masakan menjadi terlalu asam.

Untuk itu, larutkan asam jawa secukupnya ke dalam air hangat terlebih dahulu. Dengan begitu, rasa asam dari asam jawa dapat lebih mudah menyatu dengan masakan dan memberikan aroma yang lebih sedap.

    5. Membakar Terasi dan Kunyit

Ada 2 bumbu dapur yang perlu dibakar terlebih dahulu untuk menguatkan cita rasa dan aromanya, yaitu terasi dan kunyit. Terasi mentah saja sudah harum, proses pembakaran akan membuatnya makin sedap. Untuk kunyit, bakar dalam keadaan masih berkulit agar bau langunya hilang dan warna kuning yang dihasilkan makin pekat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!