Menu Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

Menu diet ibu menyusui.  Salah satu tahap yang yang membuat seorang wanita bangga menjadi seorang ibu ialah saat mereka berada di tahap menyusui. Tentu saja pada tahap ini kebutuhan konsumsi akan semakin meningkat, menu makanan khusus untuk ibu menyusui pun akan berperan.

Kenapa berperan? Karena dengan menu makanan yang tepat maka kebutuhan untuk menghasilkan ASI akan terpenuhi dengan baik pula, dan kebutuhan nutrisi si kecil akan tetap terjaga.

Beberapa kasus mengatakan saat menyusui berat badan seorang ibu dapat turun, namun kurus saat menyusui memiliki waktu yang bervariasi. Tergantung dari tubuh masing-masing, penurunannya pun tidaklah drastis tetapi secara bertahap.

Menu Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

 

Baca : Cemilan Rendah Kalori Untuk Diet Sehat

Namun ada pula beberapa contoh kasus dimana berat badan sang ibu tidak akan berubah meskipun dalam tahap menyusui. Maka tak jarang mereka melakukan diet.

Diet boleh saja, tapi jangan sampai melakukan diet ketat. Karena hal itu akan mempengaruhi produksi ASI ibu, yang tentu saja akan berefek langsung pada kesehatan si bayi.
Sang ibu harus tetap mengkonsumsi makanan yang seimbang dan tetap rajin berolahraga, meskipun cuman olahraga ringan.

Untuk itu sebagai seorang ibu menyusui yang sedang dalam proses diet, menu diet khusus untuk ibu menyusui bisa kamu coba dulu selama 1 minggu sebagai langkah awal

Tapi tetap harus kamu kombinasikan dengan resep makanan ibu menyusui dengan tetap memperhatikan nilai gizinya.

Sebagai seorang ibu menyusui yang sedang dalam proses diet, kamu harus tetap membuat dan mengatur jadwal makanan diet yang memang khusus untuk ibu menyusui.

Tapi sebelum memulai diet, kamu harus tahu bahwa diet mayo sangat tidak dianjurkan untuk ibu menyusui apalagi jika umur bayi masih di bawah 6 bulan. Karena usia tersebut merupakan golden age dimana bayi masih membutuhkan ASI eksklusif.

Perhatikan pola dan menu makanan khusus ibu menyusui yang kamu konsumsi, hal itu bertujuan agar bayi menjadi cerdas.

 

Menu Diet Ibu Menyusui

1. Buah dan Sayur Untuk Produksi ASI

Menu Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui
Bukan hanya sekedar isapan jempol belaka saat hamil sang ibu di sarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Saat menyusui pun seorang ibu masih tetap di anjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
Kandungan vitamin serta mineral yang dimiliki oleh sayur dan buah berperan penting pada tubuh ibu hamil, selain itu dapat pula meningkatkan produksi ASI yang memang di butuhkan oleh bayi.

2. Makanan Dengan Kandungan Protein

Menu Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui
Kandungan protein pada makanan berfungsi dalam menjaga sel-sel yang terdapat dalam tubuh agar tetap sehat. Protein juga berperan dalam memperkuat otot bayi serta memberikan energi.
Kamu dapat memperoleh protein dengan mengkonsumsi makanan seperti telur, kacang-kacangan, yogurt ataupun daging tanpa lemak.
Berhubung kamu dalam proses diet, sebaiknya konsumsi menu ini saat sarapan.

3. Makanan Dengan Lemak Sehat

Menu Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui
Meskipun mengkonsumsi lemak dapat di katakan sebagai sumber penyakit, namun tubuh masih tetap memerlukan lemak loh. Lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 masih tetap di perlukan oleh tubuh.
Kamu bisa mendapat asam lemak omega-3 dengan mengkonsumsi buah alpukat ataupun ikan salmon atau tuna.

 

Tips Tambahan

Tapi sebelum menerapkan menu diet ibu menyusui kamu harus memperhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Gunakan buah dan sayur yang segar. Harus yang segar !
2. Hindari produk kemasan, meskipun itu ikan, buah ataupun sayur. Daging juga termasuk loh
3. Cuci menggunakan air yang mengalir
4. Gunakan minyak yang lebih sehat saat akan menggoreng, seperti minyak jagung ataupun minyak zaitun
5. Dan yang paling penting, jangan sekali-kali mengkonsumsi alkohol serta kurangi asupan kopi terutama saat proses menyusui.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!