Mengatasi Hidung Bayi Yang Tersumbat Di Malam Hari

Mengatasi hidung bayi yang tersumbat di malam hari-Anak anda menderita pilek atau alergi, dan sering kali disertai kesulitan bernafas karena sinusnya terganggu atau yang biasa disebut hidung tersumbat atau mampet. Saat mengalami hal yang seperti ini pada anak anda, ini hal yang paling menjengkelkan. Bayi anda akan menjadi rewel dan susah tidur pada malam hari. Dan ini sangat mengganggu sekali bagi anda para orang tua yang menjaganya.

Baca juga: Resep makanan bayi untuk 9 bulan, agar cepat gemuk

Jadwal imunisasi bayi. Bunda Harus mengingatnya

Ditambah dengan memasuki musim penghujan filek dan flu akan gampang saja di alami semua orang. Semua orang pasti perna merasakan yang namanya hidung seperti ini terutama pada bayi yang mengalaminya.

Hidung tersumbat terjadi akibat lendir atau biasa kita sebut dengan ingus yang harusnya keluar dari hidung tertahan dan mengendap di hidung yang menyebabkan kita menjadi susah bernafas, terkadang hidung yang tersumbat bisa lubang sebelah dan bisa juga kedua-duanya.

Mengatasi Hidung Bayi Yang Tersumbat Di Malam Hari

Selain memeriksakannya ke dokter anda dapat melakukan hal di bawah ini untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat di malam hari.

    1. Pasang Alat Uap

Alat uap akan membantu membersihkan hidung tersumbatnya. Anda dapat memasang di kamar bayi untuk membantu kelembapan udara. Setelah anda menggunakan alat tersebut anda a=harus membersihkan alat tersebut secara teratur agar tidak ada depu yang menempel pada alat tersebut.

   2. Tetesi Dengan Air Garam

Masukkan beberapa tetes ke lubang hidung, kemudian gunakan syringe untuk mengeluarkan lendir. Ini aman untuk diulangi sesering yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk melakukannya tepat sebelum bayi makan. Hidung yang plong akan membuat mereka makan lebih mudah.

    3. Bantu Keluarkan Ingus Bayi

Membantu bayi untuk mengeluarkan ingus bayi, karena bayi tidak dapat mengeluarkan ingus dengan sendirinya. Dengan menggunkan alat khusus atau menghisap langsung ingus di hidung bayi. Anda dapat menggunakan alat sejenis pipet kecil bernama infant nasal bulb.

    4. Berikan Posisi Bantal Yang Tinggi

Gunakan bantal yang tebal dan empuk untuk menyanggah kepala dan punggungnya. Posisi yang lebih tinggi membantu bayi anda bernafas lega di bangdingkan tidur dengan posisi tidur datar. Menjadi penyebab hidung bayi tersumbat adalah batuk pilek. Anda juga bisa membantu pernapasan bayi dengan menggendong saat tidur.

    5. Memijat Hidung Dengan Ringan

Memijat bagian atas hidung menggunakan jempol dan telunjuk akan membantu hidung Anda agar lega. Cukup dengan memijat ringan atas hidung Anda dengan gerakan memutar hingga hidung terasa lega.

    6. Bersihkan Hidung Bayi

Buat orang tua anda terkedang hidung bayi mengeluarkan lendir yang disebut dengan ingus yang sudah mengeras dan menjadi keras jika tidak di bersihkan. Jadi, buat orang harus memperhatikan hidung bayi untuk di bersihkan untuk mencegah penyumbatan hidung. Alat yang dapat anda gunakan adalah cottob bud. Basahi cotton bud dengan air hangat lalu ambil perlahan-lahan kotoran pada hidung yang sudah mengeras. tersebut untuk mengatasi hidung bayi tersumbat.

    7. Hangatkan Tubuh Bayi

Memberikan kehangatan pada tubuh bayi yang sedang mengalami hidung tersumbat. Dengan cara memandikan tubuh bayi dengan air hangat, di pagi hari atau pada saat mandi. Jika ruangan di rumah anda menggunakan Ac cobalah untuk mengurangi pemakaian Ac.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!