Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis

Permasalahan yang sering ditemui oleh para pelaku usaha atau bisnis adalah tidak mampu untuk menentukan target pasar dengan benar. Hal itu dapat terjadi ketika bisnis sudah berjalan namun target pasar belum bisa ditentukan. Dan tak jarang pula hal inilah yang menjadi salah satu faktor matinya usaha ataupun bisnis. Ketika akan memulai bisnis baru, kamu harus tahu dan bisa untuk menentukan target pasar, semakin cepat kamu memahami targetmu maka akan semakin cepat bisnismu untuk berkembang.

Sebelum memulai usaha atau bisnismu ada baiknya kamu belajar memahami minat para konsumen dari awal, sehingga dapat membantu kamu untuk dapat bersaing bisnis dengan pelaku bisnis lainnya. Dengan memahaminya kamu dapat menjangkau pasar ketika bisnis kamu sudah berjalan.

Baca : Cara Mengatasi Persaingan Bisnis Di Era Globalisasi

 Bagaimana Cara Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis ?

Berikut ini adalah hal wajib yang perlu kamu perhatikan untuk menentukan target pasar untuk bisnismu

1. Siapakah yang Akan Menggunakan Produk Kamu?

Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis

Apa saja produk atau layanan yang dapat kamu tawarkan, guna mencari tahu siapa pelanggan potensial, kamu harus memahami masalah yang bisa diselesaikan oleh produkmu dan apakah ada orang yang bersedia untuk membayarnya? Jika memang ada, siapa dan jika tidak kamu harus menerima keadaan. Selain daripada itu, kamu harus pula memperhatikan letak geografi (lokasi atau daerah target pasar kamu), Demografi (jenis kelamin, usia, penghasilan dan sebagainya), serta Harga (karena kekuatan ekonomi setiap orang berbeda-beda, kamu harus mampu menentukan target pasar sesuai dengan harga yang ditetapkan).

2. Hal Apa yang Sedang Hits di Kalangan Konsumen Saat ini

Cari tahu hal apa yang sedang hits dikalangan para konsumen saat ini, hal itu bisa kamu lakukan dengan ikut bergabung di forum-forum yang ada di media sosial atau situs tertentu. Dari sini kamu bisa tahu jasa seperti apa yang memang dibutuhkan oleh para pelanggan namun belum mampu untuk dipenuhi oleh produsen atau penjual lain yang tergolong sebagai saingan kamu. Dari hal ini kamu bisa tahu kelemahan kompetitor kamu dan mampu menentukan produk yang akan kamu kemas lengkap dengan kelebihan yang bisa menjawab kebutuhan para kebutuhan konsumen. Saat akan melakukan pemasaran, kamu harus yakin dengan kelebihan produkmu dan siap untuk ‘membidik’ para konsumen.

3. Jangan Berasumsi Sendiri

Kamu mungkin merasa telah mengenal calon pelangganmu, tapi ada baiknya jangan menentukan target pasar kamu hanya dengan berdasarkan asumsi pribadi saja. Karena apa yang kamu pikirkan belum tentu sejalan dengan pemikiran calon pelangganmu. Sebaiknya bertanya langsung kepada para calon pelangganmu untuk dapat benar-benar memahaminya.

4. Tanyakan Pada Orang Sekitarmu

Kmau bisa mencoba untuk menanyakan pendapat-pendapat orang disekitarmu yang dekat denganmu. Minta kritik serta saran yang jujur dari mereka tentang produk dan layananmu. Dari hal tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk kamu menentukan target pasar kamu. Ini tidak memerlukan biaya karena bisa kamu lakukan dengan bertemu labgsung dengan mereka.

5. Uji Coba Pemasaran

Sebelum kamu benar-benar meluncurkan bisnismu secara resmi, ada baiknya kamu melakukan uji coba pemasaran, dengan menawarkan produkmu kepada konsumen. Kamu dapat melihat siapa saja yang tertarik ataupun tidak tertarik. Ini akan membuka wawasan kamu untuk mengevaluasi target pasarmu serta harga jual.

6. Kemungkinan untuk Memperluas Target Pasar

Ada baiknya kamu harus mempersiapkan diri untuk memperluas bisnismu sedari awal. Cari tahu apakah ada ruang untuk memperluas ke depannya.

Baca Juga : Ide Usaha Kreatif Untuk Kaum Milenial

Selain penentuan target pasar, Anda perlu membuat laporan keuangan dalam sebuah bisnis. Jurnal merupakan software akuntansi online yang memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!