Masalah Kesehatan Minum Sambil Berdiri, Yang Terjadi

 

Masalah kesehatan minum sambil berdiri, yang dapat terjadi-Ketika kita minum sambil berdiri, maka tengggorokan mengalami penyempitan dan mengerut dan bisa mempersulit makanan untuk di proses dengan lancar pada jaringan pencernaan. Kondisi ini sangat mengganggu dan menyebabkan nyeri di bagian perut.

Baca juga: tips pola hidup sehat agar tetap awet muda

Air sanagt penting untuk kesehatan manusia. Dalam sehari-hari seseorang bahkan dianjurkan untuk minum 8 gelas air dalam sehari. Namun saat mencakupi kebutuhan air ini pastikan anda tidak melakukannya samil berdiri.

Menurut para ahli, minum air saat berdiri dapat menekan dinding perut Anda. Selain itu, Saat air langsung mengalir dari kerongkongan langsung ke lambung, minum sambil berdiri menyebabkan nutrisi lain yang masuk ke tubuh akan tertolak.

Walaupun kita sudah mengetahui tentang anjuran minum sambil duduk, masih banyak diantara kita yang masih minum pada posisi berdiri.

Nah, Lebih baik minum air putih dalam posisi duduk. Itu membuat Anda tidak akan menghadapi konsekuensi buruk jika Anda minum air dalam posisi berdiri.

Tapi tetap saja, ketahui lebih banyak untuk mengetahui mengapa duduk lebih baik saat minum air daripada berdiri.

 Masalah Kesehatan Minum Sambil Berdiri Yang Dapat Terjadi

Berikut masalah kesehatan minum sambil berdiri yang akan anda alami jika anda terus-menerus melakukannya:

    1. Asam Lambung

Masalah kesehatan minum sambil berdiri yang pertama adalah lambung adalah bagian tubuh yang paling terkena dampaknya saat kita sering minum pada posisi berdiri.

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung.

    2. Ginjal Terganggu

Selain lambung, ginjal juga akan ikutan terganggu.Apalagai ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring, minum sambil berdiri akan menyebabkan penyaringan nggak sempurna sehingga merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.

    3. Sakit Perut

Ketika minum sambil berdiri, maka tenggorokan akan mengalami penyempitan. Dan berkerut sehingg makanan yang diproses masuk kedalam lambung sulit pada jaringan pencernaan.

    4. Mempengaruhi Warna Urin (Kencing)

Warna urine adalah indikator yang baik untuk kebiasaan Anda meminum air.

Jika urine anda bening, Anda baik-baik saja. Namun jika urine Anda berwarna gelap, Anda mungkin perlu minum lebih banyak.

    5. Filtrasi Air Terganggu

Air juga bisa melewati ginjal dengan kekuatan yang sama. Hal ini dapat mengganggu proses filtrasi alami atau penyaringan air yang masuk ke dalam pencernaan.

Kotoran bisa terakumulasi di kandung kemih atau dalam beberapa kasus, seperti kencing berdarah.

     6. Air Menabrak Serabut Otot Jantung

Air bisa menabrak sfingter (serabut otot) jantung saat Anda minum dalam posisi berdiri.

Bisa juga mengganggu asam lambung, bahkan juga bisa menyebabkan kejang otot di daerah perut.

Dalam beberapa kasus, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit di daerah itu.

    7. Rasa Haus Tidak Hilang

Bahkan rasa haus Anda pun tidak hilang jika Anda meminum air dalam posisi berdiri. Cobalah minum air putih dalam posisi duduk dan rasakan bedanya.

    8. Air Langsung Mengalir Ke Pencernaan

Jika Anda berada dalam posisi berdiri sambil minum, maka air putih langsung mengalir seperti air terjun melalui pencernaan makanan.

Air menuju dinding perut dengan kekuatan yang sama dan ini bisa menyebabkan kerusakan ringan pada daerah sekitarnya.

    9. Memicu Perut Kembung

Minum sambil berdiri bisa membuat air masuk kedalam perut dengan cepat dan tidak melawati usus dengan baik, hal inilah yang menyebabkan seseorang terkena serangan perut kembung tiba-tiba.

    10. Memicu Nyeri Sendi

Minum sambil berdiri berpotensi memicu ketidaseimbangan cairan dalam tubuh dan memicu penumpukan cairan dalam tubuh terutama di area sendi, Kondisi ini bisa menyebabkan Anda terkana masalah yang berkaitan dengan nyeri sendi.

Baca juga: cara mengatasi sakit kepala tanpa minum obat

Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat, biasakanlah anda minum dengan posisi duduk agar tidak ada masalah pada kesehatan anda.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!