Manfaat Terapi Lintah Untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Manfaat Terapi Lintah Untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Dari zaman dulu terapi ini memang sudah dikenal banyak orang. Terapi ini memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dahulu terapi lintah diyakini sebagai pengobatan untuk mengatasi penyakit seperti gangguan saraf, masalah kulit, sakit gigi, mengobati peradangan, serta infeksi.

Tapi bagi anda yang mengira bahwa semua lintah bisa digunakan dalam tekhnik terapi ini adalah salah. Karena tidak semua lintah dapat digunakan sebagai pengobatan.

Lintah yang digunakan adalah lintah jenis Hirudo, yaitu Hirudo medicinalis, Hirudo troctina, Hirudo nipponia, Hirudo quinquestriata, Poecilobdella granulosa, Hirudinaria javanica, Hirudinaria manillensis, Haementeria officinalis, Hirudo orientalis.

Gigitan lintah itu akan meninggalkan bekas berbentuk huruf Y, yang nantinya akan sembuh tanpa bekas luka.

Manfaat Terapi Lintah Untuk Pengobatan

1. Melancarkan Peredaran Darah dan Mencegah Penyumbatan

Lintah memiliki air liur yang mengandung antikoagulan yang bersifat mencegah penggumpalan darah, serta peptida dan protein yang dikeluarkan lintah juga dipercaya orang sebagai pencegah penyumbatan pembuluh darah.

Manfaat terapi lintah dapat menjaga peredaran darah ke lokasi luka untuk membantu proses pemulihan. Tindakan bedah yang menggunakan terapi lintah misalnya operasi melekatkan jari yang putus, dan operasi rekonstruksi hidung, bibir, atau telinga. Jadi banyak yang memanfaatkan terapi lintah ini dalam kegiatan bedah plastik.

2. Menghindari Komplikasi Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya gula darah dalam tubuh. Penyakit ini akan menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyumbatan pembuluh darah. Hal ini membuat jaringan di beberapa bagian tubuh misalnya di tangan, kaki serta jari-jarinya.

Hal ini yang biasa membuat beberapa orang yang mengidap diabetes terpaksa melakukan amputasi. Dengan tekhnik terapi lintah ini, hal itu dapat dicegah karena lintah yang mampu memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

3. Mencegah Proses Penuaan

Selain sebagai tindak pemulihan, tekhnik terapi lintah ini juga mampu membantu pencegahan proses penuaan. Hal ini dikarenakan lintah mengandung antioksidan tinggi, yang dapat membuat kulit menjadi lebih segar.

Baca juga cara menghilangkan flek secara alami

4. Meredakan Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah suatu kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak. Sendi yang paling sering mengalami kondisi ini meliputi tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung. Beberapa ahli menduga bahwa air lir mengandung beberapa zat anestesi yang mampu membantu pengurangan rasa nyeri dan membantu mengobati pembengkakan sendi.

baca juga cara mengatasi asam urat di usia muda

5.Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Terapi lintah yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, dimanfaatkan banyak orang untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu air liur lintah juga bermanfaat untuk anti nyeri, infeksi dan anti peradangan.

Meski manfaat terapi lintah terbilang banyak, tidak semua orang dapat melakukan terapi ini. Bagi Anda yang mengalami kondisi berikut, sebaiknya menghindari terapi ini

  1. Memiliki penyakit pembekuan darah, misalnya hemofilia, sehingga berisiko mengalami perdarahan berkepanjangan setelah terapi lintah.
  2. Memiliki anemia kronis.
  3. Alergi terhadap protein lintah.
  4. Sedang hamil.
  5. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Untuk penggunaannya, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda. Salam sehat!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!