Manfaat Talas Untuk Kesehatan, Dan Mencegah Penuaan

Manfaat Talas Untuk Kesehatan, Dan Mencegah Penuaan

Manfaat talas untuk kesehatan, dan mencegah penuaan-Talas merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang cukup banyak dikenal masyarakat. Meski tidak sepopuler ubi jenis lainnya tapi talas memiliki banyak sekali manfaat. Khususnya untuk talas yang dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dulu maka khasiatnya akan lebih banyak diperoleh. Hal ini dikarenakan talas yang direbus memiliki kandungan senyawa dan nutrisi yang masih baik dan belum mengalami perubahan atau bahkan rusak seperti makanan yang digoreng

Baca juga: Cemilan rendah kalori untuk diet sehat

Perlu berhati-hati untuk mengolah talas, sebab kulit dan daun talas bisa menyebabkan gatal-gatal jika dipegang tanpa berhati-hati.

Dari dulu, talas menjadi jenis umbi yang paling disukai orang tua pada zaman dulu. Biasanya, seorang ibu mengolah talas menjadi kudapan untuk dinikmati siang hari. Suatu ketika, saya juga pernah disuruh membeli talas. Namun, talasnya ternyata berbeda dengan jenis talas yang biasa dibeli. Alhasil, setelah diolah rasanya menjadi tidak seenak biasanya. Untuk tidak salah dalam memili talas yang baik berikut cara memilih talas yang baik:

  • Carilah talas yang tidak kering serta tidak banyak bintik hitamnya
  • Menekan pada bagian bawah, jika terasa lembek jangan di ambil
  • Talas memiliki aroma umbi yang khas dan pada batangnya memiliki warna kemerahan.

Manfaat Talas Untuk Kesehatan, Dan Mencegah Penuaan

Manfaat talas sangat banyak, selain untuk kesehatan dapat juga untuk mencegah penuaan dini, berikut manfaat talas

    1. Mencegah Penuaan Dini

Khasiat dari umbian talas ini dapat mencegah penuaan dini karena kandungan antidioksidan dan betakaroten yang optimal. (karena perebusan tidak merusak senyawa antioksidan). Berbeda dengan talas goreng yang memungkinkan kandungan antidioksida di dalamnya rusak atau berubah struktur karena proses pemanasan dengan temperatur tinggi.

    2. Menjadi Salah Satu Bahan Untuk Diet

Memngkonsumsi umbi-umbian saat diet memang suatu hal yang cukup dianjurkan. Terlebih jika umbi-umbian itu dikonsumsi dengan cara direbus bukan digoreng. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat kompleks dalam talas yang mudah dicerna tubuh dan selama proses perebusan pun tidak akan menambah kandungan lemak di dalamnya. Sehingga mngkonsumsi talas rebus akan sangat membantu program diet anda.

   3. Melawan Kanker

Ubi talas mempunyai sifat antidiosidan yang bersal dari betakaroten, vitamin C, dan beberapa zat fenonik lainnya. Antidioksidan inilah yang nantinya akan menyangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker, Selain itu xat lain yang tersimpan di dalamnya yang melawan kanker paru-paru dan kanker mulut.

   4. Mencegah Diabetes

Yang terkandung didalam talas sangat berguna untuk mengontrol kadar glikemik.Sehinggs bisa mencegah resiko penyakit diabetes, Serat alami pada talas bisa mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Dengan cara mengkomsumsi makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu mencegah peningkatan gula dara naik, sehingga akan terhindar serangan penyakit diabetes.

   5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat selanjutnya dari talas adalah mengatasi masalah percenaan. Talas dapat mengatasi pencernaan, dan juga sangat berperan penting bagi lambung dan usus sehingga dapat mempelancar pencernaan.

   6. Mengatasi Masalah Darah Tinggi

Talas mengandung potassium yang mampu mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Oleh karena itu, talas baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Talas juga mampu mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan kandungan potassiumdi dalamnya mampu meningkatkan fungsi kognitif.

Demikian aetikel ini semoga bermanfat….

Baca juga: Alpukat mentega, Bagaimana Cara Memilihnya Ketika Berbelanja

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!