Makanan Penurun Kolestrol Dan Asam Urat

Makanan Penurun Kolestol Dan Asam Urat

Makanan penurun koletsrol dan asam urat-Kolestrol tinggi adalah salah satu penyakit yang mulai dikeluhkan oleh masyarakat. jika tak di kendalikan, kolestol yang tinggi bisa membuat Anda terkena stroke hingga serangan jantung.
Semua orang memiliki penyakit koletrol.

Baca juga: Resep makanan bayi untuk 9 bulan, agar cepat gemuk

Makanan rebdah kalori untuk dukung suksesnya diet kamu

Kolestrol sendiri merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.
Penyakit ini adalah keadaan dimana kadar kolestrol dalam darah yang melampaui kadar normal.

Kolestrol tidak hanya menyerang anak-anak pun bisa mempunyai kolestrol tinggi. Hal ini di karenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh anda, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar koletrol dalam tubuh anda.

Jangan khawatir, disini kami akan menjelaskan makanan penurun kolestrol.

Apa Sajakah Makanan Penurun Kolestrol Dan Asam Urat

Di dalam tubuh manusia terdapat koletrol, yang merupakan senyawa dengan sifat mirik lemak yang hidup secara alami dan hampir setiap bagian tubuh Anda seperti otak, saraf, otot, usus, hati, dan jantung. Koletrol datang dari dua sumber, yaitu diproduksi oleh hati atau lewat makanan yang anda komsumsi.

Jika Anda melakukan tes kadar kolestrol, pastikan anda mendapat rincian hasil HDl (Lemak baik) dan LDL (Lemak jahat) juga. Kadar HDL yang baik adalah 60mg/dl, tapi semakin tinggi angkanya justru semakin baik bagi anda. Sementarar itu kadar LDL yang aman adalah di bawah 100mg/dl.

Makanan Penurun Kolestrol

Bagi anda yang memiliki penyakiit kolestrol tinggi, Anda mungkin akan mencari apa saja makanan yang bisa menurunkan kolestrol anda, Berikut makanan penurun kolestrol yang bisa membuat koletrol anda menjadi turun.

     1. Minum Air Jeruk Nipis Pada Pagi Dan Malam Hari

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Anda cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

    2. Oatmeal Dan Makanan Yang Berserat Tinggi

Selanjutnya makanan penurun kolestrol Siapa yang tidak tahu oatmeal? Kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi oatmeal sebagai makanan diet andalan. Namun nyatanya, oatmeal juga termasuk makanan penurun kolesterol, lho!

Oatmeal baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Mengonsumsi 10 gram serat dari oatmeal dapat mengurangi total kolesterol, termasuk kolesterol jahat alias LDL.

    3. Mengkomsumsi Biji-Bijian Utuh

Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B.

     4. Bawang Putih 

Bawang putih adalah rempah-rempah yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat.

    5. Buah-buahan Dan Berry

Salah satu jenis serat larut yang disebut pektin dapat menurunkan kolesterol hingga 10%. Kandungan ini ditemukan dalam buah-buahan termasuk apel, anggur, buah jeruk dan stroberi.

Buah juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena antioksidan dan efek anti-inflamasi.

Makan buah dan anggur, yang merupakan sumber yang kaya akan senyawa tanaman ini, dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

   6. Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran hijau gelap, seperti kangkung dan bayam mengandung lutein dan karotenoid lainnya, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Karotenoid bertindak sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan arteri mengeras.

Mengonsumsi sayuran hijau gelap juga dapat menjadi cara menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Satu studi menunjukkan bahwa lutein menurunkan kadar kolesterol jahat teroksidasi dan dapat membantu mencegah kolesterol mengikat ke dinding arteri.

    7. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang disebut dengan EPA dan DHA yang berguna untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsilah setidaknya 2 porsi salmon setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!