Ide Taman Minimalis Untuk Hunian Minimalis

Hunian minimalis saat ini cukup diminati, selain harganya yang cukup stabil lokasinya pun bisa berada di tengah kota. Beberapa kota besar saat ini tengah mengusung konsep hunian minimalis.
Sesuai dengan konsepnya yang minimalis, tentu saja hunian ini memiliki lahan yang cukup terbatas pula. Tak jarang banyak orang yang memanfaatkan ide untuk desain taman minimalis di lahan sempit.

Taman bisa jadi salah satu hal yang penting pada hunian, dengan adanya taman otomatis akan menjadi salah satu ruang terbuka yang ada.  Ide taman minimalis menjadi cukup laris pada tahun 2018, berbagai konsep pun di usung mulai dari yang modern ataupun yang sederhana.

 

Baca : Kreasi Minuman Hits Kekinian Anti Ribet Dan Anti Mahal

Ide Taman Minimalis Untuk Hunian Minimalis

Penataan tempatnya pun tidaklah harus selau berada didepan, hal itu dapat dilakukan di belakang rumah,samping rumah, ataupun dalam rumah.

Pembuatan taman minimalis pada depan rumahpun dapat dilakukan hampir pada semua perumahan dengan lahan yang cukup terbatas, misalkan pada hunian dengan type 36.

Cara untuk membuat taman kecil atau minimalis baik di depan rumah ataupun dengan posisi lain tidaklah sulit, cukup dengan mempersiapkan konsep beserta dengan ide agar pada saat menatanya kamu mampu memanfaatkan lahan yang terbatas.

Taman Minimalis

Pada dasarnya, pembuatan taman yang satu ini tidak hanya bertujuan untuk memperindah rumah. Adanya taman pada lingkungan rumah, tentu saja akan menampilkan nilai seni yang dimiliki oleh si pemilik rumah.

Walaupun terkesan minim, pembuatan taman di hunian dengan lahan yang terbatas memiliki beberapa keunggulan tersendiri.

Kamu tidak perlu repot memikirkan konsep atau ide apa yang akan kamu terapkan pada lahanmu yang luas serta biaya yang kamu keluarkan pun tidaklah besar.

Ide Taman Minimalis Untuk Hunian Minimalis

Masih belum punya ide untuk menetapkan konsep taman pada hunian minimalismu? Tidak perlu khawatir, kamu masih bisa mencari beberapa konsep atau ide dari luar. Setidaknya hal itu akan membantumu dalam memberikan inspirasi sebelum membangun taman pada hunian minimalis yang kamu miliki.

1. Sumur Mungil Ala Negeri  Sakura

Penggunaan sumur pada ide ini tidaklah harus sumur sungguhan. Cukup gunakan kolam kecil yang hampir nampak seperti sumur. Dengan menambahkan sedikit tanaman hias seperti tanaman anthurium, puring, serta azalea akan menambah keindahan taman yang kamu miliki. Taman dengan ide ini dapat kamu nikmati bersama tamu dengan membangunnya tepat pada depan halaman rumah.

2. Konsep Taman Kering

Ide Taman Minimalis Untuk Hunian Minimalis

Gunakan kaktus atau skulen jikalau kamu memang ingin menggunakan ide seperti ini, berikan sedikit penggunaan batu, yang disusun secara rapi. Dengan konsep ini kamu bisa menghemat air, tapi walaupun menggunakan ide dengan tanaman kaktus. Ternyata ide ini punya keunggulan juga loh, kamu tidak perlu repot-repot untuk menyiramnya tiap hari. Kamu bisa membangun ide taman ini pada halaman depan ataupun halaman belakang rumah.

3. Kolam  Teduh

Ide Taman Minimalis Untuk Hunian Minimalis

Ide yang satu ini dapat kamu gunakan sebagai sarana untuk penghilang stress. Konsep yang teduh dan adem, memberikan kesan yang lebih menenangkan saat kamu bersantai di dekatnya.

 

4. Green Area

Ide Taman Minimalis Untuk Hunian Minimalis

Tentu saja ide ini bertujuan untuk lebih menonjolkan tanaman hijau yang kamu miliki. Berikan pembatas, sehingga area dapat menjadi fokus utama karena warnanya yang memberikan kesan natural. Ide ini lebih terasa saat kamu membangunnya pada balkon rumah.

 

5. Batu Di Dalam Rumah

Ide Taman Minimalis Untuk Hunian Minimalis

Ide yang satu ini sangat tepat untuk kamu terapkan di dalam rumah. Kamu dapat merancang dekat dengan kamar mandi ataupun ruang santai dengan konsep atap yang dapat tembus pandang cahaya. Pada area yang berdekatan dengan kamar mandi, sebaiknya kamu cukup menggunakan tanaman plastik untuk menghidari tanaman menjadi karena kurang mendapatkan sinar matahari.

 

 

Tips Sebelum Membuat Taman

Pemilihan ide ataupun konsep sangatlah penting sebelum kamu memulai untuk membangun taman. Namun ada beberapa faktor lain yang perlu kamu perhatikan selain pemilihan ide.

  1. Menghitung area luas tempat yang akan kamu gunakan, baik itu di halaman depan,  belakang, dalam rumah, ataupun balkon.
  2. Pilihlah tanaman yang memang sesuai dengan konsep yang akan kamu gunakan.
  3. Perhatikan drainasenya, karena bukan tidak mungkin tamanmu akan terkena hujan ataupun kamu akan menyiramnya. Pastikan drainasenya berhubungan langsung dengan saluran pembuangan sehingga tidak menyulitkan kamu pada akhirnya.
  4. Kamu juga haru mampu memperhatikan peletakan serta perawatan pada tanaman yang berada di tamanmu.  Salah peletakan justru akan membuat tamanmu  terlihat berantakan  dan memperburuk keadaan hunianmu.
  5. Jika kamu memang masih ragu,  lakukan konsultasi pada desainer yang memang bergelut di eksterior taman. Walaupun kamu harus sedikit merogoh kocek yang lebih.

 

Sudah siap untuk membangun tamanmu sendiri?

Selamat Mencoba~

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!