Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Memiliki berat badan yang ideal pasti menjadi impian bagi semuanya, baik laki-laki terlebih lagi bagi perempuan. Namun sayangnya tak sedikit pula yang melakukan diet ekstrim tanpa memperhatikan resiko kesehatan yang di akibatkan. Padahal untuk menjalankan diet sehat tidaklah sulit, cukup tekun serta fokus pada tujuan diet sebelumnya.

Dengan diet sehat selain bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan fit, kulit tubuh menjadi semakin sehat, rambut semakin sehat dan kuat serta tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Jadi jangan sampai hanya karena menginginkan bentuk badan yang ideal jangan sampai melupakan kesehatan tubuh.
Lalu seperti apa diet sehat itu? Bagaimana sih cara diet sehat yang aman tanpa takut bahaya itu?

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Diet Sehat

1. Atur Pola Makan

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Atur pola makan yang dikonsumsi sehari-hari. Hindari makanan yang berlemak dan mengandung gula tinggi. Makanan yang mengandung gula tinggi otomatis memiliki kadar kalori yang tinggi pula. Hindari makanan kemasan dan gorengan. Perbanyak makan buah dan sayur.  Pilih makanan yang sehat, atur porsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan kalori per hari.

2. Jangan Terlalu Keras Dengan Diri Sendiri

Saat memulai diet terkadang beberapa orang merasa takut untuk gagal dan menyiksa diri sendiri. Inilah sebabnya mengapa ada muncul istilah “cheating” dalam diet. Hal itu justru akan membuat diet terasa tidak sesulit yang dibayangkan.

3. Jangan Takut Untuk Makan

Diet itu bukan takut untuk makan, makan boleh saja tapi dalam porsi yang wajar. Misalkan untuk mereka yang merasa sering lapar, tetap bisa makan seperti 2 jam sekali, tapi dengan porsi yang sedikit dan tentunya bervariasi.

4. Jangan Abaikan Sarapan

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Banyak yang berfikir dengan melewatkan sarapan akan membuat berat badannya turun. Namun kenyataannya hal itu salah besar. Mengabaikan satu waktu makan justru akan membuat porsi makan di waktu berikutnya akan lebih besar. Misalnya saat melewatkan sarapan, akan membuat porsi saat makan siang akan semakin besar.

 

5. Ganti Nasi Putih Ke Nasi Merah

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

 

Nasi merah mengandung lebih banyak serat bserta nutrisi seperti vitamin, mineral, minyak esensial, vitamin B, vitamin A, fosfor, selenium, magnesium, mangandan kalium yang bersifat lebih mengenyangkan dari pada nasi putih. Selain itu nasi beras merah juga mengandung antosianin yang berperan sebagai antioksidan pencegah penyakit seperti kanker serta rendah gula yang aman untuk penderita diabetes. Faktor inilah yang menjadi pendukung kenapa nasi beras merah baik untuk diet.

6. Konsumsi Air Putih

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Air putih memiliki peran yang besar dalam metabolisme tubuh. Dengan konsumsi banyak air putih maka tentu saja proses metabolisme dapat berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk konsumsi air putih 8 gelas perhari.

7. Banyak Konsumsi Makanan Berserat

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Dengan mengkonsumsi makanan berserat tentu akan membuat kenyang lebih lama dan akan menekan nafsu makan. Selain itu akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar.

 

8. Hindari Kebiasaan Memuntahkan Kembali Makanan

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Kebiasaan yang satu ini merupakan gangguan psikologis yang dapat membahayakan. Efek samping yang ditimbulkan pun cukup serius karena kulit dan rambut kusam, kerusakan kelenjar air liur hingga gangguan emosi. Maka hal ini tidak dianjurkan dalam diet yang sehat.

9. Minum Obat Pelangsing Tanpa Pengawasan Dokter

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Karen banyak yang ingin dengan hasil yang instan, maka tanpa takut mereka akan mengkonsumsi obat pelangsing tanpa resep dari dokter yang beresiko tinggi pada kesehatan.

Baca : Tips Diet Sehat Dari Si Pahit Pare

 

Diet yang sehat ialah diet yang menerapkan gizi seimbang. Gizi seimbang ialah dengan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral setiap hari dengan porsi serta jadwal yang sesuai.

Diet Sehat Tanpa Takut Bahaya

Untuk hasil yang optimalpun tidak ditempuh dengan cara yang instan, tubuh perlu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan yang baru sehingga hasil diet dapat awet dan berat badan tidak kembali dengan mudah.
Dan jangan sampai hanya karena menginginkan hasil yang instan namun justru membahayakan kesehatan tubuh.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!