Cara Untuk Mengkritik Anak Dengan Baik

Cara untuk mengkritik anak dengan baik-Mengkritik dianggap sebagai sesuatu yang negatif. Padahal, dalam bentuk yang tepat kritik yang membangun justru dibutuhkan, terutama untuk anak-anak yang kebanyakan belum menyadari apa yang ia lakukan.

Kritik yang diberikan dengan berlandaskan cinta akan membantu perkembangan anak. Bedakan dengan kritikan yang bersifat mendindas dan merusak harga diri anak.

Bagaimana cara memberikan kritik kepada anak dengan baik tanpa menimbulkan luka batin dan berpengaruh baik terhadap dirinya.

Karena tanpa kita sadari perkataan kita yang lembut dalam mengkritik apa yang anak kita lakukan belum tentu diangapnya sebagai kritikan, bahkan sebaliknya bisa jadi dia anggap perkataan kita sebagai kritikan yang keras buat dirinya.

Cara Untuk Mengkritik Anak Dengan Baik

Pernahkah Anda kecewa atau kurang suka dengan perilaku anak? Anda pasti ingin mengkritik mereka dan memberi tahu perilaku lebih baik yang bisa dilakukan. Namun, cara yang tepat gunakan untuk mengkritik anak tidak boleh sembarangan, lho! Kritik yang Anda berikan harus bisa membantu anak agar berkembang dan berperilaku lebih baik lagi ke depannya. Berikut cara untik mengkritik anak dengan baik:

    1. Berikan Penjelasan Yang Baik

Pertama, berilah penjelasan yang teliti penjelasan yang baik, tidak melampaui batas dan sesuai dengan keadaannya. Kalau kita menyalahkannya dengan berlebihan akan menimbulkan rasa salah dan rasa malu dalam dirinya.

Mulailah dengan bertanya bagaimana perasaan anak setelah melakukan kesalahan itu, kemudian jelaskan bahwa melakukan kesalahan tidak masalah, tetapi kesalahan itu perlu diperbaiki.

    2. Jangan Meluapkan Emosi Saat Prilaku anak Kurang Baik

Sewaktu orang tua mau mengkritik anak, jangan melakukannya dengan emosi yang meluap, sebab anak bisa berpikir kalau orang tuanya tidak menyayanginya lagi. Oleh karena itu, orang tua hanya perlu bersikap tegas ketika mengkritik anak.

    3. Berilah Keterangan Yang Membuat Anak Berfikir Positif

Berilah keterangan yang membuat dia berfikir positif dan membuat dia optimis bukan penjelasana yang membuat dia berfikir negatif dan merasa jatoh tidak semangat lagi.

    4. Jangan Maki-Maki Anak Dengan Perkataan Yang Tidak Pantas

Jangan pernah memaki-maki dengan perkataan yang tidak pantas, sering kita dengar perkataan orang tua itu adalah doa ketika apa yang kita katakan kepadanya adalah sebuah doa yang mungkin akan terjadi kepadanya suatu saat nanti.

Kalau kita berfikir jernih dan perfikir pinter menghadapi hal ini maka kita tidak akan pernah memarahi dengan perkataan yang tidak pantas kita ucapkan.

    5. Membahas Kesalahan Yang Dilakukan Anak

Cara untuk mengkritik anak. Kritik yang diberikan orang tua harus fokus pada kesalahan yang dilakukan anak saat itu. Jangan sampai orang tua mengungkit kesalahan-kesalahan anak di masa lalu sehingga anak bingung untuk mengetahui kesalahan yang dilakukannya saat ini dan memperbaiki kesalahan itu.

    6. Jangan Membuat Kritik Menjadi Masalah Pribadi

Terkadang ini bisa saja muncul begitu saja. Itulah kenapa kita harus berhati-hati ketika ingin memberikan kritik, terutama kritik yang membangun. Jangan membuat sebuah kritikan menjadi suatu masalah yang bersifat pribadi dan bahkan subjektif.

Sebagai contoh, Anda sedang mengajari seorang anak yang belajar untuk menulis karangan dan hasil tulisannya itu ada yang tidak sesuai. Dalam memberikan kritik, tidak perlu memberikan kata-kata seperti, “kamu bodoh, kamu tidak bisa membuat karangan yang bagus.”

    7. Berikan Pujian Untuk Hal Baik Yang Dilakukan

Salah satu cara menyampaikan kritik adalah dengan teknik. Berikan pujian pada anak untuk apa yang dilakukannya sebelum Anda menyampaikan kritik. Kemudian, akhiri dengan kalimat positif. Jadi apa yang Anda sampaikan seperti, sebuah kritik yang diawali dan diakhiri dengan kalimat positif. Sebagai contoh “Mama senang adik bisa bermain dengan teman hari ini, tapi memukul teman saat bermain itu tidak baik. Lain kali main dengan lebih baik ya.”

 

Demikian artkel  ini, semoga bermanfaat

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!