Cara Menyembuhkan Panu Yang Membandel di Wajah

Panu adalah penyakit kulit yang sering dijumpai di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Penyakit yang dalam dunia medis dikenal dengan nama tinea versicolor atau pityriasis versicolor ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Cara Menyembuhkan panu sebenarnya mudah, asalkan menggunakan cara yang tepat.

Panu memiliki karakteristik berwarna putih, pink, atau kecoklatan pada area kulit. Penyakit kulit ini bisa menular pada orang lain.

Cara Menyembuhkan Panu Yang Membandel di Wajah

Penyakit kulit yang satu ini bisa terjadi pada orang dari seluruh latar belakang etnis serta lebih umum pada remaja dan dewasa muda. Orang dewasa lebih mungkin terkena panu apabila mereka berada di area dengan iklim subtropis.

Tapi Apa Sih Sebenarnya Penyebab Panu Itu?

Panu disebabkan karena jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale. Jamur ini bekembang karena kulit yang jarang dibersihkan, orang yang jarang mandi lebih rentan terjangkit jamur ini. Sebenarnya semua orang pada umumnya memiliki jamur di kulit, tapi jika kebersihan yang kurang terjaga maka akan menyebabkan jamur ini berkembang lebih besar yang nampak pada permukaan kulit.

Cara mandi yang kurang tepat juga sangat mempengaruhi penyakit ini untuk mencul, maka usahakan anda mandi dengan cara yang tepat.  cara mandi yang benar agar tidak terkena penyakit kulit

Beberapa faktor lain penyebab penyakit panu yaitu:

  1. Riwayat keluarga terhadap penyakit ini
  2. Keringat berlebih
  3. Iklim lembap dan hangat
  4. Sistem imun yang lemah
  5. Menggunakan obat yang melemahkan sistem imun
  6. Beberapa jenis kanker

Tanda-tanda/Gejala Penyakit Panu

Salah satu gejala yang paling umum yaitu adanya warna kulit yang tidak merata, biasanya dapat berupa warna putih atau kecoklatan. Biasanya panu ini muncul pada area kulit seperti leher, dada, atau punggung bahkan di wajah. Jelas munculnya panu pada kulit terutama pada wajah akan membuat kita risih bertemu dengan orang lain. Karena penyakit kulit ini diidentik dengan penyakit kulit yang jorok.

Cara Menyembuhkan Panu

Jika anda mengalami penyakit panu dengan kondisi yang sudah parah sebaiknya anda melakukan pengecekan ke dokter. Akan tetapi jika masih belum parah, anda bisa menggunakan cara-cara menyembuhkan panu di bawah ini

1. Tea Tree Oil

Pohon teh atau melaleuca sudah dikenal mengandung antiseptic yang sangat tinggi. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa tea tree oil ini sangat baik untuk membunuh bakteri seperti bakteri yang menyebabkan penyakit panu.

Cara pemakaian tea tree oil yaitu anda terlebih dahulu perlu menyiapkan tea tree oil, minyak kelapa, dan minyak lavender. Campurkan 1 sdrt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender. Aduk rata lalu usapkan pada panu menggunakan kapas atau cotton bud. Untuk hasil yang lebih maksimal dan cepat, anda bisa menambahkan minyak oregano. Ini bisa jadi salah satu cara menghilangkan panu di wajah secara alami.

baca juga Tips Agar Tetap Langsing, Bagi Yang Gemar ngemil

2. Minyak Kelapa

Kandungan asam lemak yang terkandung di kelapa sangat baik untuk menghambat pertumbuhan jamur pada panu. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa mampu membantu resistensi tubuh terhadap bakteri dan jamu. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengolesi minyak ini pada bagian kulit yang terkena panu

3. Cuka Apel

Cuka apel sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, tidak hanya dapat menyembuhkan panu, cuka apel juga mampu menyembuhkan jerawat pada wajah. Hal itu karena cuka apel mengandung anti-mikroba yang sangat baik dalam membunuh bakter-bakteri penyebab masalah kulit. Caranya campurkan 1 sdm cuka apel dengan 1 sdm air hangat lalu oles menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit.

4. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bahan bumbu dapur saja, tapi juga dapat menyembuhkan beberapa masalah kulit seperti penyakit panu. Kandungan allicin merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat anti bakteri yang besar kandungannya dalam bawang putih. Bawang putih juga kaya akan antioksidan. Kandungan yang ada dalam bawang putih membuatnya terkenal sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur.

Caranya sangat mudah, anda cukup mengambil 1 siung bawah putih lalu belah menjadi 2 bagian. Setelah itu oleskan pada kulit yang terkena panu.

Sebenarnya cara menyembuhkan panu sangatlah mudah, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada dir rumah anda. Tapi sebelum anda terkena penyakit panu, ada baiknya anda mencegah penyakit ini dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Memakai bahan berserat alami (katun)
  • Jangan pakai pakaian yang terlalu ketat
  • Hindari makanan yang berminyak
  • Hindari paparan sinar matahari langsung
  • Jika hendak keluar, gunakanlah tabir surya.

 

Sekian infromasi dari saya. semoga bermanfaat

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!