Cara Menghilangkan Ngantuk Di Siang Hari

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Siang Hari

Semua orang perna merasakan rasa ngantuk yang luar biasa di siang hari. Beberapa orang yang merasakan ngantuk akan mengganggu pekerjaan sehari-hari, baik di kantor, rumah, kampus atau bahkan saat menikmati liburan. Anda cenderung merasa lelah dan malas saat siang hari. Ini adalah masalah yang di hadapi setiap pekerja. Mengantuk saat beraktifitas merupakan hal yang wajar. Namun, jika nagntuk terjadi terus-menerus, sebaiknya anda pahami cara efektif untuk menghilangkan ngantuk, agar produktivitas tetap terjaga.

Rasa ngantuk bisa timbul kapan saja, termasuk saat belajar di kampus, saat kerja di kantor atau bahkan saat menyetir kendaraan. Hal ini akan menganggu kalian dan orang sekitar ketika kantuk yang di alami saat mengemudi kendaraan. Anda akan tidak fokus dan sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi.

Apa Sajakah Penyebab Mengantuk Di Siang Hari

Hypersomnia adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang terlalu mengantuk di siang hari atau menghabiskan waktu terlalu lama untuk tertidur.

    1. Depresi

Saat mendengar kata depresi, Anda mungkin langsung berpikir tentang kondisi gangguan mental. Namun, kondisi ini juga bisa memberikan pengaruh pada tubuh Anda. Seseorang yang mengalami depresi akan memiliki kadar serotonin rendah yang menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah. Jika Anda mudah mengantuk di siang hari selama berminggu-minggu lamanya, coba kunjungi terapis yang bisa membantu menangani kondisi ini.

Baca juga: Cara mengatasi depresi pada remaja

    2. Kurang Tidur

Beberapa efek kurang tidur, yaitu mudah ngantuk, kesulitan mengendalikan emosi, dan respons melambat. Selain karena kurang tidur, ngantuk juga bisa disebabkan karena terlalu banyak tidur. Menurut penelitian, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam, justru lebih mudah merasa ngantuk keesokan harinya.

    3. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menyebabkan kantuk yang berlebihan dan bisa mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan sistem kerja organ tubuh. Obesitas pada memicu tingginya kadar gula dalam tubuh anda. Selain itu, kelebihan berat badan juga kurangnya gerak dan aktivitas dan seringnya mengantuk di siang hari apalagi setelah makan jam siang.

    4. PMS

Banyak wanita yang mengalami insomnia sesaat sebelum datang bulan. Hal ini disebabkan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Saat PMS, tubuh memproduksi hormon estrogen dalam jumlah banyak. Jika tubuh tidak memiiliki hormon progesterone untuk menyeimbangkannya, kondisi ini akan memberikan dampak negatif pada produksi melatonin dan serotonin.

Dua hormon ini merupakan hormon yang bertanggung jawab memberikan rasa kantuk dan nyenyak saat kita tidur. Dengan berkurangnya dua hormon tersebut, Anda jadi mudah mengalami insomnia dan sulit untuk tidur nyenyak.

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Siang Hari

Berikut cara menghilangkan Ngantuk Disiang Hari Yang Dapat Anda Lakukan:

     1. Sarapan Pagi

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ngantuk disiang hari. Rasa mengantuk juga disebabkan oleh rasa lelah, bukan hanya jam tidur yang kurang. Ketika kita melewatkan sarapan di pagi hari, rasa lapar akan datang lebih cepat, akibatnya kita tidak memiliki energi dan lebih mudah mengantuk.

Menurut peneliti mengemukakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi sereal akan lebih mudah terhindar dari stress. Sarapan membuktikan bahwa kinerja fisik dan mental dapat berjalan dengan baik sepanjang hari daripada yang tidak melakukan sarapan.

Namun perlu diperhatikan dalam memilih sarapan, hindari makanan yang berat yang mengandung banyak karbohidrat. Anda bisa mencoba buah, sereal, roti, jika tidak terbiasa Anda bisa mengurangi porsi nasi yang akan dimakan untuk waktu sarapan.

     2. Minum Air Putih

Solusi yang baik adalah dengan minum air putih. Air putih sangat baik untuk menghilangkan nagntuk di siang hari kaena memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak dan baik untuk tubuh. Minum air putih ini sangat dianjurkan untk diminum sebanyak 8 gelas perhari. Persiapkanlah air minum di meja anda saat beraktifitas.

    3. Tidur Malam Yang Cukup

Banyak diantara anda yang mengursngi waktu tidur selama satu atau dua jam untuk melakukan aktivitas. Padahal waktu tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam di waktu malam. Sementara itu remaja membutuhkan tidur malam tanpa gangguan selama sembilan jam. Pastikan anda cukup tidur selama delapan hingga sembilan jam setiap malamnya.

    4. Minum Teh Hijau

Anda mungkin cukup khawatir juga saat ngantuk melanda di tengah-tengah pekerjaan yang begitu banyak. Saat kantuk muncul setelah makan siang, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi teh hijau supaya menyegarkan kembali pikiran Anda. Karena mengandung antioksidan tinggi, jelas teh hijau pilihan yang lebih baik dan sehat daripada kopi dan kafein.

Baca juga: Cara Mengatasai Ngantuk Yang Mendadak

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat….

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!