Cara Menghilangkan Bekas Cacar Yang Efektif

Cara menghilangkan bekas cacar yang efektif-Cacar air dapat menyerang siapa saja, anak-anak, orang tua, remaja, dan semua orang yang tidak mendapatkan vaksin cacar. Penyakit ini disebabkan oleh varicella-zoster virus (VZV), yang menimbulkan rasa gatal, demam, muncul ruam, dan lelah.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Yang Efektif

Ruam bisa muncul pertama kali di perut, punggung dan muka, lalu menyebar pada seluruh tubuh. Cacar air bisa menjadi penyakit yang serius bagi bayi dan orang dengan imunitas tubuh yang lemah, dan cara menghindari cacar air ini adalah dengan mendapatkan vaksin cacar air.

Baca juga: cara menyembuhkan panu yang membandel

Penyakit ini memang bisa disembuhkan, namun yang menyebalkan bagi orang yang baru sembuh dari cacar adalah bekas dari cacar air tersebut. Bekas ini akan sulit dihilangkan bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Cacar Yang Efektif?

Bekas cacar air biasanya berupa bopeng dan noda hitam. Apa lagi jika kamu mengalami cacar air ketika dewasa, bekasnya pasti lebih terlihat dan tentu akan mengganggu penampilan. Jika ingin kulitmu kembali mulus dan bersih, kamu perlu perawatan yang lebih ekstra. Yuk, simak cara menghilangkan bekas cacar air dengan efektif dan cepat di bawah ini.

    1. Oleska Krim Retinol

Cara untuk menghilangkan bekas cacar anda dapat melakukannya dengan mengolsekan krim retino. Kandungan dalam retinol sudah terbukti berguna untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.

Namun krim retinol memiliki efek samping berupa potensi iritasi terutama pada kuit sensitif. Sebab, kandungan retinol tergolong cukup keras untuk kulit.

    2. Gunakan Scub Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Agar bekas cacar air hilang, kamu bisa coba dengan menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, cara ini juga berguna untuk merangsang pertumbuhan kulit baru sehingga bekas cacar airmu lebih mudah memudar.

Namun, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan scrubbing karena dapat mengikis lapisan kulit baru yang justru dibutuhkan untuk proses penyembuhan. Selain itu, jika terlalu sering melakukan pengelupasan kulit dengan scrub, kulitmu juga bisa kering dan berpotensi iritasi. Sebaiknya, lakukan proses srubbing ini maksimal satu minggu dua kali.

    3. Daun Sirih

Banyak orang yang menyebutkan daun sirih adalah tanaman herbal yang mempunyai berjuta-juta manfaat. Selain itu menghaluskan kulit dan menyembuhkan aneka macam penyakit, daun tanaman ini juga dapat diambil khasiatnya sebagai obat alami penghilang luka bekas cacar di kulit.

    4. Jagung Muda

Berikutnya yang juga bermanfaat tinggi sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas luka cacar adalah jagung muda. Ambilah satu tongkol jagung yang masih muda dan berwarna kuning cerah dan diparut. Hasil parutan ini selanjutnya dioleskan pada bekas luka cacar dan ditunggu sampai kering. Setelah itu dapat dibilas dengan air bersih.

    5. Kunyit

Kunyit memang dikenal manfaatnya yang sangat baik bagi kulit, namun khasiat yang terkandung di dalamnya juga efektif mengatasi cacar air. Ini dapat dipercaya mampu meredakan gatal-gatal akibat cacar air serta mengatasi bekasnya.

Untuk penggunaan kunyit ini, anda bisa menumbuk kunyit hingga halus dan kemudian oleskan merata pada kulit yang terkena cacar air secara merata. Biarkan selama 10 menit dan setelah itu cuci bersih.

    6. Kacang Hijau

Kacang hijau juga dapat anda manfaatkan untuk mengeringkan cacar air hingga sembuh. Hal ini karena kacang hijau mengandung gizi yang sangat baik bagi penyembuhan cacar air.

Selain itu kacnag hijau juga dapat membantu menghilangkan bekas cacar air hingga bersih. Cara penggunaannya pun sangat mudah, anda bisa merendam kacang hijau hingga membengkak dan kemudian tumbuk hingga halus.

Setelah itu oleskan merata di seluruh badan dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Lakukan cara ini 2 kali setiap hari sebelum akan mandi sehingga hasilnya lebih memuaskan.

    7. Madu

Madu memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit serta menjaga daya tahan tubuh. Anda juga bisa memanfaatkan madu ini untuk digunakan sebagai obat cacar air. Kandungan di dalam madu mampu membantu menjaga imunitas tubuh sehingga kondisi cacar air bisa segera membaik.

Selain itu untuk cepat mengeringkan bintil cacar air, anda bisa mencoba mengoleskan madu merata ke bagian kulit yang terkena cacar air. Nantinya madu akan emmbantu menenangkan kulit dan meredakan rasa gatal akibat cacar air.

Demikian Artikel ini dibuat, semoga bermanfaat.

 

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!