Cara Mengenal Penyebab Jerawat Di Wajah Menurut Letak

Cara mengenal penyebab jerawat di wajah menurut letak-Jerawat adalah sejenis penyakit kulit yang seringkali timbul pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Munculnya jerawat biasanya juga diikuti dengan timbulnya bintik-bintik seperti komedo hitam dan komedo putih.

Tentu jengkel rasanya jika ketika bangun tidur melihat jerawat muncul di bagian wajah, terutama di sekitar pipi, hidung, dahi, atau dagu. Nah, supaya bisa menghilangkannya dengan cepat, Anda harus tahu dulu penyebab dari jerawat di wajah.

Munculnya jerawat juga tak membedakan jenis kelamin. Jerawat bisa menyerang siapapun, baik pria maupun wanita dan pada usia berapa pun. Para remaja dengan usia 14-19 tahun, sangat mudah terkena jerawat. Penyebabnya disebutkan karena perubahan kadar hormon selama masa puber, yang mempengaruhi kelenjar penghasil minyak atau minyak alami yang terletak dekat dengan folikel rambut di kulit.

Cara Mengenal Penyebab Jerawat Di Wajah Menurut Letak

Cara Mengenal Penyebab Jerawat Di Wajah Menurut Letak

Kulit memiliki kelenjar minyak dan pori-pori. Saat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih atau saat kotoran menyumbat pada pori-pori, maka saat itulah terbentuk komedo. Komedo ini yang kemudian jadi bakal jerawat yang bisa saja memiliki ukuran besar ataupun kecil. Berikut cara mengenal penyebab jerawat diwajah menurut letaknya:

    1. Jerawat Di Sekitar Rambut

Cara mengenal penyebab jerawat yang pertama di area garis rambut, yaitu sekitar pelipis dan dahi atas sering kali menjadi tempat munculnya jerawat. Sebagian besar pria yang menggunakan minyak rambut, cenderung memiliki jenis jerawat ini.

Pasalnya, minyak rambut bisa menghalangi minyak alami yang dikeluarkan dari pori-pori.

Akhirnya, penyumbatan terjadi dan muncul jerawat. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka sebaiknya coba untuk hentikan penggunaan produk minyak rambut.

Kaum wanita juga tak jarang mengalami jenis jerawat ini, biasanya disebabkan karena tidak terlalu bersih membilas sisa-sisa sabun pembersih wajah di area tersebut. Jadi, pastikan jika Anda telah membilas area wajah dengan bersih, termasuk garis antara wajah dengan rambut.

    2. Jerawat Antara Kedua Alis

Kurangi makan makanan olahan atau makanan siap saji, karena jerawat yang muncul di sekitar diatas kedua alis bisa disebabkan konsumsi lemak yang berlebihan. Untuk mengatasinya dari dalam, Anda perlu memperbanyak minum air dan makan makanan sehat.

    3. Jerawat Dibagian Pipi

Bagian lain yang tidak luput dari jerawat adalah pipi. Sebenarnya jerawat di bagian ini bisa muncul karena banyak hal, misalnya sarung bantal yang tidak bersih, ponsel yang kotor, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau bahkan karena keringat yang menumpuk di balik hijab.

Pasalnya, bakteri bisa menempel di mana saja, termasuk di tangan, sarung bantal, ponsel, atau kain kerudung.Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk mengganti sarung bantal atau selimut setiap minggu.

Jadi, sarung bantal tetap bersih dan tak menyimpan bakteri yang bisa bikin pipi jerawatan.

    4. Jerawat Di Bagian Dagu

Tumbuhnya jerawat di area ini biasanya disebabkan oleh kadar hormon yang naik dan turun. Jerawat akibat hormon yang tidak stabil biasanya terjadi akibat kelebihan androgen sehingga kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan dan akhirnya menyumbat pori-pori.

Jika jerawat diakibatkan oleh perubahan hormon, maka sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk mengetahui obat yang tepat bagi jerawat Anda.

Sementara bila jerawat di wajah akibat diet, maka sebaiknya segera ubah pola makan Anda saat ini. Hindari makan makanan dengan gula tinggi, makanan olahan, dan makanan berlemak.

    5. Jerawat Di Bagian Mata

Selanjutnya cara mengenal penyebab jerawat di kulit di sekitar mata terhubung dengan ginjal. Disinyalir kamu mengalami gangguan pada organ ini. Penyebabnya bisa karena dehidrasi akibat kurang minum air putih, merokok, konsumsi kopi, minuman bersoda, makanan atau minuman manis, dan konsumsi garam yang berlebih atau kurang berkualitas. Begitu pula dengan jerawat yang ada di sekitar telinga juga erat kaitannya dengan masalah ginjal.

    6. Jerawat Di Bagian Hidung

Jika jerawat muncul di area hidung (bagian bawah dan di dalam lubang hidung) itu artinya Anda mengalami gangguan kesehatan jantung.

Konsumsi makanan yang baik untuk jantung seperti ikan, oatmeal, almond, alpukat, buah-buahan berry, dan bayam. Hindari juga makanan dengan lemak jenuh yang buruk untuk kesehatan jantung Anda.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!