Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda Secara Alami

Cara mengatasi keputihan saat hamil muda secara alami-Keputihan saat hamil umumnya merupakan kondisi yang normal. Namun juka keputihan telah berubah warna tau diiringi gejla tertentu, maka kodisi ini dapat menjadi tanda timbulnya infeksi.

Baca juga : Tips mencegah bayi lahir prematur

Kebiasaan saat hamil ini menentukan karakter jabang bayi

Hampir semua wanita pernah mengalami pengeluaran cairan ini. Keluarnya cairan putih agak kental dari vagina Anda, yang mungkin terkadang terasa mengganggu. Terlebih bila kondisi ini disertai dengan timbulnya rasa gatal pada daerah sekitar vagina. Kondisi ini sering kali disebut dengan keputihan. Namun, bagaimana dengan keputihan saat hamil?

Keputihan terjadi karena kelenjar yang terdapat dalam vagin anda menghasilkan suatu cairab yan berguns untuk membersihkan vagina anda. Caranya adalah dengan mengeluarkan se mati dan bakteri yang terdapat pada vagina. Sehingga, dengan terjadinya aktivitas ini, vagina ini juga daapat melembabkan vagina anda.

Apa Penyebab Keputihan Saat Hamil ?

Keputihan yang terjadi saat hamil memiliki fungsi yang sama dengan keputihan yang biasanya Anda alami selama siklus menstruasi anda, yaitu untuk membersihkan vagina anda serta melindunginys dari infeksi.

Namun Selama kehamilan, leher rahim (serviks) dan dinding vagina anda menjadi semakin lembut, serta produksi entrogen dalam tubuh anda dan aliran darah sekitar area vagina mengalami peningkatan. Inilah penyebab mengapa keputihan saat hamil justru mengalami peningkatan.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda Secara Alami

Berikut cara mengatasi keputihan saat hamil dengan bahan-bahan alami berikut ini :

    1. Daun Siri

Salah satu obat keputihan tradisional adalah rendaman air sirih yang dapat anda coba sendiri. Kebanyakan wanita hamil mengalami keputihan. Hal ini merupakan suatau gejala normal akibat terjadi perubahan hormonal yang terjadi akibat proses kehamilan.

Perubahan tersebut mendorong munculnya cairan yang keluar dari area kewanitaan. Cara pemakaian daun sirih dengan merendam beberapa lembar daun sirih selama 1 jm, selanjutnya air rendaman tersebut digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Dianjurkan untuk pembilasan secara teratur, minimal sekali dalam seminggu.

    2. Bawang Putih

Yang selanjutnya untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil dapat anda menggunakan bahan putih. Yang dikena orang sebagai salah satu bumbu pokok untuk berbaga macam masakan nusantara.

Tidak hanya itu bawang putih juga memiliki khasiat mengatasi infeksi akibat jamur dengan efektif. Untuk bahan yang ini, pemakaiannya dengan memasukkan kedalam masakan yang komsumsi setiap harinya.

Cara Mengatasi Keputihan

1. Sebaiknya anda menghindari pemakaian air yang kotor ketika membasuh area kewanitaan anda, terutama juga kita menggunakan toilet umum.

2. Selalu gunakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun selain itu hindari pemakaian celana dalam yang berbahan dasar sintetis juga hindaari celana yang ketat.

3. Sebaiknya anda tidak terlalu sering memakai panty liner pada setiap harinya. Panty liner dapat membuat area kewanitaan anda menjadi lembab.

4. Segeralah mengganti pakaian dalam anda ketika terasa sangat lembab

5. BErsihkan secara rutin area kewanitaan anda dari depan menuju kebelakang ketika selesai buang air dan buang air besar. Hal ini bisa membantu anda mengurangi resiko terkena kontaminasi mikroorganisme pada saluran kantung kemih dan juga anus

6. Sebaiknya anda mengurangi makanan yang manis juga semua yang mengandung kafein

7. Sebelum anda membeli obat-obatan, sebaiknya anda mengkonsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan anda. Komsumsilah obat yang di resepkan dokter.

8. Setelah usai mandi pastikan area kewanitaan anda benar-benar kering. Anda dapat menggunakan handuk bersih untuk mengeringkannya dan ada baiknya anda tidak menggunakan tisu dengan aroma wewangian

9. Hindari menggunakan sabun pembersih kewanitaan.

Demikian artikel ini di buat semoga anda dapat menerapkan sendiri dirumah..

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!