Cara Mengatasi Depresi Pada Remaja

Cara Mengatasi Depresi Pada Remaja

Cara mengatasi depresi pada remaja-Masa Remaja memanglah hal yang menyenangkan, karena dimasa itu anda tidak perlu memikirkan tagihan, pekerjaan, dan sebagainya. Dimasa remaja, anda mungkin lenih banyak menghabiskan waktu untuk sekolah dan main dengan teman anda. Namun, tahukah anda jika remaja justru lebih rentan mengalami depresi?

Depresi adalah kondisi yang di gambarkan sebagai suatu kelainan mood yang menyebabkan perasaan dan hilang minat untuk melakukan sesuatu.

Depresi bisa mempengaruhi persaan anda, cara berfikir dan berperilaku, serta dapat membuat anda memiliki masalah emosi dan fisik. Anda harus ingat bahwa depresi dapat diobati dan banyak orang yang merasa lebih baik setelah menjalani pengobatan.

Mengapa Remaja Mengalami Depresi?

Kehidupan sosial, seperti keluarga, pertemanan dan percintaan atau persoalan akademis disekolah tidak jarang remaja merasa tertekan. Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab depresi pada remaja diantranya adalalh:

  • Faktor genetik
  • Perubahan hormon
  • Faktor biologis
  • Trauma
  • Kebiasan berfikir negatif
  • Kepribadian
  • Fase  kehidupan yang sulit

Cara Mencegah Depresi Pada Remaja

  • Jaga hubungan pertemanan. Hubungan pertemanan sangat penting dilakukan untuk mencegah depresi pada remaja, lakukan dengan positif agar dapat tetap terhubung dengan lingkungan.
  • Tetap aktif. Usahakan aktif disekolah agar anda dapat fokus pada hal-hal positif agar anda dapat terhindar dari hal-hal yang negatif.
  • Berfikir positif. Dengan berfikir positif, remaja akan terhindar dari fikiran negatif yang akan membuat anda kecewa.

Membedakan Mana Depresi Dan Perasaan Sedih Biasa

Perasaan sedih, kecewa atau putus asa adalah hal yang wajar dialami remaja. Dan bukan berarti remaja tersebut mengalami depresi. Sehingga untuk membedakan antara perasaan sedih dan depresi susah, kita harus mengajak mereka berbicara. Untuk mengetahui apakah mereka mampu mengola perasaan mereka.

Namun, jika perasaan sedih tersebut berlangsung lama atau mulai mengganggu kehidupan anda, maka segeralah periksa kedokter untik mengetahui apa yang anda alami.

Cara Mengatasi Depresi Pada Remaja

Sebagian remaja yang mengalami beban atau tekanan dalam dirinya akan berputus asa dan  itu yang membuat dia menjadi depresi dan tidak tahu apa yang harus dia lakukan. Berikut cara  mengatasi depresi pada remaja yang dapat anda lakukan:

    1. Mengatur Jadwal Harian

Salah satu cara mengatasi depresi pada remaja adalah, dengan mengatur jadwal haria. Anda dapat menuliskan dan dapat menerapkan apa saja jadwal yang anda buat. Dengan itu lama kelamaan akan mebantu anda mangatasi depresi, dengan melakukannya dengan rutin dan teratur.

    2. Istirahat Yang Cukup

Depresi sering terjadi dan membuat anda menjadi sulit untuk tidur, akibat beban fikiran yang anda alami. Dan membuat jam tidur anda menjadi berantakan, padahal tanpa sadar kurang tidur justru akan memperburuk gejala depresi.

Maka itu, ushakan untuk selalu tidur lebih awal dan pastikan jam tidur anda selalu optimal. Jika perlu, lakukan rutinitas untuk membuat anda tidur lebih nyenyak dengan berendam air hangat sebelum tidur.

    3. Berolahraga Yang Teratur

Berolahraga tidak hanya membuat tubuh anda sehat, dengan olahraga juga berperan dalam mengatasi depresi. Ini karena pengaruh hormon endorfin serta dopamin.

Jika anda melakukan olahraga rutin maka, produksi hormon tersebut akan dua kali lebih banyak dan dapat berguna untuk membuat mood lebih baik dan meredakan depresi.

    4. Psikoterapi

Psikoterapi atau terapi psikologis biasanya dipilih dalam kondisi depresi. Seorang terapis akan mengajak anda berbincang mengenai depresi anda. Serta membantu untuk melewati situasi sulit yang sedang anda alami.

    5. Mengatur Pola Makan Yang Baik

Beberapa jenis makanan sebaiknya anda hindari bila tidak ingin depresi semakin buruk. Mulai dari alkohol, kafein serta olahan makanan yang siap saji.

Sebagai gantinya, makan makanan yang lebuh dianjurkan seperti sayur berdaun hijau gelap, jamur, alpukat, tomat, dan apel.

 

Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!