Cara Menanam Buah Naga Di Kebun

Cara Menanam Buah Naga Di Kebun

Cara menanam buah naga di kebun-Budidaya buah naga yang sangat besar tanpa diimbangi informasi cara budidaya buah naga yang baik dan benar menjadi kendala utama dalam pengembangan tanaman buah naga di indonesia.

Buah naga: Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Memerahkan bibir dengan bahan alami yaitu buah naga

Oleh karena itu banyak yang mengalan. Buah naga merupakan tanaman yang termasuk dalam kategori kaktus memiliki buah yang rasanya manis dan lezat.

Tanaman ini berasal dari meksiko, Amerika tengah dan amerika selatan. Ada beberapa jenis tanaman buah naga, di Indonesia ada 2 jenis tanaman buah naga yang berada diindonesia.

Cara Menanan Buah Naga Di Kebun

Teknik menanam buah naga sebenarnya sederhana. Baik untuk budidaya di kebun maupun dalam pot. Hanya saja, sebagian orang melupakan bagian penting di awal setelah beberapa tahun pohon buah naganya tidak berbuah.

Normalnya buah naga berbuah setelah 7-10 bulan, Jika beruntung 5 bulan sudah berbuah. Berikut cara menanam buah naga dikebun yang dapat anda coba.

    1. Menyiapkan Bibit Buah Naga

Menggunakan bibit buah naga yang berkualitas merupakan salah satu kunci agar memperoleh hasi yang sangat maksimal saat pemanenan buah naga.

Menanam buah naga dengan cara generatif dan vegetatif, secara generatif berarti menanam buah naga menggunakan biji atau benih buah naga dan secara vegetatif menggunakan bibit atau dari batang buah naga yang sudah perna berbuah.

    2. Kenali Buah Naga Yang Ingin Anda Tanam

Berbagai macam buah naga yang ada diindonesi. Tetapi yang paling banyak di jual adalah buah naga yang merah dan putih.

Buah naga yang paling muda tanam adalah buah naga yang berwarna putih. Maka Dari itu anda harus menentukan terlebih dahulu buah naga jenis apa yang ingin anda tanam.

     3. Siapkan Lahan Tanaman Buah Naga

Sebelum menanam buah naga yaitu dengan membajak lahan sedalam kurang lebih 20 cm. Setelah itu anda dapat menaburkan pupuk kandang sebanyak 10-20 ton.

     4.  Menyiapkan Tiang Penyanggah

Anda perlu menyiapkan Tiang penyanggah, karena buah naga tumbuh tinggi, tapi batangnya tidak kokoh. Kondisi ini membuat petani buah naga harus membuat tiang penyanggah yang dapat anda buat dari beton ata kayu.

Anda haru memperhatikan kayu bila sudah lapuk dan membersihkan dedaunan kayu jika kayunnya bagus dan hidup.

    5. Buatlah Parit

Cara menanam buah naga selanjutnya yaitu dengan membuat parit di sekeliling lahan buah naga yang berguna untuk saluran drainase di areal kebun agar saat hujan air tidak menggenangi lahan terlalu lama, sehingga dapat mencegah tanaman buah naga menjadi busuk.

    6. Penanaman Bibit

Sebelum menanam bibit tentu saja kita harus memilih bakal bibit buahnaga yang bagus terlebih dahulu. Bakal bibit buah naga sebaiknya diambil dari batang yang tua berwarnahijau keabuan dan memiliki bibit yang berukuran besar serta bebas dari penyakit. Setelah itu bibit langsung ditanam ke media yang telah dipersiapkan.

Tanamlah bibit buah naga denga baik agar batangnya tak mudah roboh lalu siramilah bibit itu dengan air agar kelembapannya tidak berkurang serta letakkan pada tempat yang terbuka tetapi tidak terkena sinar matahari secara langsung

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!