Cara Memelihara Itik Petelur Bagi Pemula

Ketika ingin memelihara atau berternak hewan khususnya itik petelur pasti perlu beberapa cara dan stategi agar dapat mendapatkan hasil yang optimal seperti halnya ketika nanti anda akan memulai memelihara itik petelur..

Cara memelihara itik petelur bagi pemula sebenarnya susah-susah gampang, Karena seperti sebagian dari anda sudah tahu Itik petelur merupakan salah satu jenis unggas yang telurnya banyak diminati oleh konsumen sehingga memiliki harga pasar yang lumayan menjajikan..

Cara Memelihara Itik Petelur Bagi Pemula

Se‏iring brjalannya waktu, Minat seseorang bahkan anda sekalipun yang nantinya akan menjalankan bisnis ini pasti fokus pada hasil utamnya yaitu telur..

Namun ternyata bukan hanya telur saja melainkan daging yang dapat di konsumsi serta kotorannya juga dapat digunakan sebagai pupuk..

Sebelum and memulai bisnis itik petelur khsusnya pemula,  Ada yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu!

Untuk itu saya akan menjelaskan cara memelihara itik petelur dengan mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang kelancaran dan apa saja kebutuhan dan persiapan yang harus diertimbangkan dalam memelihara itik petelur..

Langka-langka yang perlu di perhatian dalam memelihara itik petelur bagi pemula, Sebagai berikut..!!

Agar usaha atau bisnis itik petelur anda bisa lancar dan sukses, Cara memelihara itik petelur dibawah ini bisa anda jadikan dan lakukan sendiri bagi pemula..

1.Cari Lokasi Peternakan Yang Tepat

Ketika memelihara itik petelur, Anda harus memiliki lokasi yang benar karena dapat berpengaruh langsung pada hewan ternak serata memikirkan kondisi gangguan yang mungkin dapat dihasilkan untuk lingkungan sekitar lokasi anda memelihara atau beternak..

Jadi mungkin sebaiknya dilakukan di tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan serta tetap memperhatikan sarana transportasi agar proses distribusi hasil panen mudah untuk dilakukan..

Terus berikutnya perhatikan sumber air juga harus terus ada, Serta sumber air yang ada di lingkungan sekitar lokasi anda perlu di kondisikan dengan baik! Agar tidak tercemar dari kotoran itik peliharaan anda..

2.Kondisikan Ruang Gerak/Kandang

Untuk ruang gerak/kandang iti petelur mungkin harus di kondisakan lebih luas agar tidak membatasi gerak itik yang anda ternak atau pelihara..

Ukuran idealnya 1 meter persegi untuk ditempati 2 ekor itik, cara tersebut lebih memudahkan anda ketika ingin memanen telur!

Adapun cara lain seperti menjadikan 1 ruangan yang luas saja seperti pada kandang ayam potong, namun akan susah ketika ingin memanen telur..

Memperhatikan ruang gerak ini penting karena dalam hal makan dan minum itik petelur tidak suka berdesakan dan lebih suka dengan cara bergantian, Oleh karena itu sebaiknya itik petelur mendapat ruang gerak yang cukup..

3.Penerangan/Lampu Pada Kandang

Memberi Penerangan atau lampu pada kandang, adalah cara memelihara itik petelur yang wajib di tambahkan karena termasuk hal penting dalam berternak itik petelur..

Selain itu cara ini juga sangat memudahkan anda dalam mengawasi dan memelihara, penerangan yang cukup juga dapat membuat nyaman itik juga dapat menambah kehangatan ruang atau kanda ketika malam hari..

4.Memilih Bibit Itik Yang Berkualitas

Setelah beberapa langka di atas sudah maksimal, Untuk langkah selanjutnya adalah pembibitan hewan ternak khususnya itik petelur..

Usahakan bibit harus berasal dari bibit yang bagus maka pilihlah bibit yang unggul dan berkualitas, Karena bibit yang berkualitas bisa diperoleh dengan harga yang sedikit lebih mahal karena kualitasnya juga baik..

Atau mungkin anda juga bisa membeli itik petelur yang sudah siap menetas dan tinggal panen. Cara ini lebih mudah, Namun di sayangkan cara ini sedikit lebih mahal bagi anda yang baru memulainya..

5.Perawatan Harus Maksimal

Cara memelihara itik petelur yang terakhir dan terpenting adalah perawatan, Sama halnya dengan diri anda! Dimana ketika ingin memiliki badan atau tubuh yang sehat pasti dengan pola hidup yang sehat..

Begitu pula ketika ingin beternak itik, Perawatan di sini lebih kepada makanan yang di berikan serta kebersihan kandang harus tetap terjaga karena kandang yang kotor akan mendatangkan penyakit! Nah ketika betul-betul anda melakukan perawatan di jamin hasil telur tersebut akan berkualitas..

Bagi anda yang pemula ingin memelihara itik dan masih ragu untuk mencoba? 5 Cara di atas adalah solusinya! Semoga Bermanfaat..!!

Next baca… Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Bagi Pemula

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!