Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Bagi Pemula

Cara budidaya ikan lele kolam terpal bagi pemula – Siapa sangka ternyata biaya ternak lele kolam terpal tidak menguras banyak isi kantong alis minim pengeluaran modal namun hasil sangat luar biasa. Saking menguntungkan dan bermodal minim kini cara budidaya ikan lele di terpal menjadi yang terbaik dibanding budidaya ikan lele di kolam tanah. Mengapa ? selain minim resiko budidaya ikan lele di kolam plastik atau terpal ini lebih banyak hasil dibanding cara budidaya ikan lele di kolam tembok,namun yang paling signifikan adalah modal yang digunakan tentunya sangat sedikit dan menurut saya ini adalah cara pelihara lele untuk pemula yang serius ingin mengembangkan usaha ternak lele.

Dan bisnis budidaya ikan lele inipun menjadi incaran banyak pebisnis lokal pasalnya ikan lele yang rasanya lezat,harganya murah digemari banyak orang,dapat dibuktikan bahwa jumlah penikmat ikan lele dipasar saat ini sangat meningkat pesat. Selain harga murah, rasanya yang lezat ternyata ikan ini termasuk ikan yang paling dapat hidup tahan lama bahkan dapat hidup di air yang sangat kotor sekalipun.

Hebatnya lagi pertumbuhan ikan lele termasuk ikan yang bisa tumbuh dengan cepat,bisa tumbuh dengan panjang 10 sampai 20 Cm dengan berat lebih dari 2 kg. Inilah mengapa budidaya ikan lele sangat banyak digemari saat ini. Ada yang melakukan budidaya si kolam tembok, kolam tanah bahkan di kolam plastik.  Tentunya modal yang dibutuhkan tergantung dengan jenis kolam yang digunakan.

Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Bagi Pemula

Nah disini saya mau membagikan beberapa cara memelihara ikan lele dengan modal minim yaitu budidaya ikan lele menggunakan kolam terpal. Yuk disimak…

1 ) Merangkai Rangka Kolam

Tentu hal pertama yang dilakukan adalah merangkai rangka kolam yang nantinya digunakan sebagai alas terpal. Anda bisa menggunakan rangka dari balok dan papan atau menggunakan bambu dengan cara membentuk persegi empat seperti ukuran 3 x5 atau 4 x6.

Untuk ukuran kolam Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Berikut ilustrasi jika Anda menggunakan rangka bambu dan kayu bekas ( papan )

ternak ikan lele kolam terpal rangka bambu

 

2 ) Memasang Terpal

Jika rangka kolam sudah jadi maka lagkah selanjutnya Adalah memasang terpal kedalam kotak kolam. Sampai disini perhatikan bahwa Anda memasang secara rapi dan perhatikan setiap sudut agar tidak ada lipatan yang bisa mengundang sobek.

Saran saya setiap sisi/sudut/pinggiran kolam di lapisi dengan bis yang bisa anda ambil dari ban dalam mobil yang bekas. Dengan bantuan paku dan lem ini akan semakin membuat kolam sangat rapi dan kuat bagian sudutnya.

Ilustrasi ..

rangka kolam terpal yang sudah jadi

3 ) Memastikan Kolam Sudah Siap Digunakan

Berikutnya membiarkan kolam dalam keadaan kering agar lem tadi dipastikan sudah merekat dengan kuat. Pada tahapan ini sebaiknya Anda membiarkan kolam selama sehari penuh dalam keadaan kering tanpa di isi air sedikitpun.

4 ) Isi Kolam Dengan Air

Langkah berikutnya mengisi kolam dengan air setinggi 20 hingga 30 cm kemudian biarkan selama 7 hari atau seminggu. Hal ini di lakukan untuk memastikan apakah kolam benar benar tidak bocor atau masih perlu perbaikan. Jika ternyata kolam sudah aman maka selanjutnnya masuk ke tahapan selanjutnya..

5 ) Kelengkapan Kolam

Selanjutnya adalah dengan melengkapi kolam dengan irisan daun papaya serta daun singkong. Ini bertujuan agar bau dalam air tidak menjadi bau ketika terjadi penguapan. Jika sudah sekarang tambahkan lagi air setinggi 5 – 10 cm dari ketinggian air sebelumnya.

6) Tebar Bibit Ikan Lele

Setelah semua persiapam sudah rampung maka selanjuntnya adalah menebar ikan lele yang akan kita budidayakan.

Pastikan bibit lele yang anda tebar adalah bibit bibit lele pilihan. Selengkapnya untuk mengetahui bibit lele terbaik. Jika sudah sekarang tahapan membudidayakan yang sebenar-benarnya agar hasil bisa maksimal.

Akan dilanjutnkan di artikel mendatang..

 

You May Also Like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!