Bukan Cuma Buahnya, Daun Alpukat Juga Baik Bagi Kesehatan

Banyak yang belum tau bahwa bukan cuma buahnya, namun daun buah alpukat juga ternyata memiliki berjuta manfaat terutama bagi kesehatan.Ternyata buah alpukat dapat membantu dalam pemeliharaan kesehatan ataupun mengatasi penyakit tersebut. Hal itu dikarenakan daun alpukat mengandung sejumlah unsur polifenol dan alkaloid.

Sari daun alpukat sudah digunakan sejak dulu sebagai tanaman obat. Tanaman yang satu ini sangat mudah ditemukan di Di Indonesia. Manfaat sari daun alpukat adalah sebagai diuretik dan menghambat pertumbuhan beberapa bakteri seperti Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Proteus sp, Escherichea sp, dan Bacillus sp.

. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat manfaat yang dihasilkan dari daun alpukat ini.

Manfaat Daun Alpukat

Selain buahnya yang mengandung nutrisi, ternyata daunnya juga banyak digunakan dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Mari kita lihat

1. Bukan Cuma Buahnya, Daun Alpukat Dapat Mencegah Kanker

Flavonoid yang terkandung pada daun alpukat berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah kanker.

2. Meringankan Batu Ginjal

Kandungan zat seperti flavonoid, alkaloid dan sapaoin yang terdapat di dalam daun alpukat dapat memecah batu ginjal dan membantu meningkatkan kinerja organ ginjal. Untuk mengeluarkan semua kotoran yang mengendap di dalam tubuh, anda dapat memanfaatkan daun alpukat. Daun buah ini sangat baik untuk membersihkan ginjal.

3. Menyeimbahkan Tekanan Darah

Bukan cuma kulit jeruk yang memiliki senyawa limonen. Ternyata, daun alpukat juga memilikinya. Senyawa ini dapat menyeimbangkan tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

4. Mengurangi Sakit Kepala

Bagi anda yang sedang mengalami sakit kepala, anda tidak perlu mengonsumsi obat sakit kepala yang hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan anda. Anda hanya perlu meminum rebusan air daun alpukat. Kandungan quersetin dan pinen yang terdapat di daun buah alpukat mampu mengurangi rasa nyeri pada otak sehingga sakit dapat dikurangi.

5. Mengurangi Serangan Asma

Daun alpukat mengandung pinen yang dapat mengurangi serangan penyakit asma. Daun alpukat memiliki efek bronkodilator, mengurangi peradangan, dan meningkatkan aliran udara ke paru-paru.

6. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Daun alpukat dikenal mampu menghalangi pertumbuhan bakteri, karena daun alpukat mengandung pinene dan polyfenol.

7. Meminimalisir Risiko Penyakit Degenaratif

Flavonoid yang terkandung di dalam daun alpukat mampu melindungi tubuh dari penyakit degeneratif seperti osteoartitis. Penyakit ini merupakan gangguan pada persendiran di mana penderita akan merasa nyeri pada sendi-sendinya.

8. Mengobati Insomnia

Anda susah tidur di malam hari? Anda dapat memanfaatkan daun buah ini untuk membuat tidur anda menjadi nyenyak. Hal ini dikarenakan kandungan serotonin yang terkandung dalam daun alpukat ini.

Baca juga

Sekian info dari saya. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!